Wali Kota Minta ASN Baubau Tidak Menjadikan Rusunawa Sebagai Rumah Selamanya

NEWS660 dibaca

BAUBAU, MEDIAKENDARI.COM – Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Ahmad Monianse meminta agar aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau agar tidak menjadikan rusunawa atau perumahan ASN sebagai rumah untuk ditinggali selamanya.

Ia berharap rumah susun (Rusunawa) ASN sekedar dijadikan tempat transit sementara bagi ASN Pemkot Baubau yang belum memiliki rumah tempat tinggal menetap.

“Hunian sementara artinya jangan lama di sini. Biarlah transit sebentar di sini sambil berpikir untuk mencari rumah (Tetap). Saya sudah lihat diatas dan itu cukup nyaman. Tapi jangan karena kenyamanan lantas kita lupa kalau kita bisa bangun rumah sendiri di tanah yang bebas,” ucap Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse dalam sambutannya meresmikan rusun sewa ASN, Jum’at 13 Januari 2023.

Politisi PDIP itu menjelaskan rusunawa ASN dibangun untuk menjawab kebutuhan akan rumah bagi ASN Baubau yang masih belum memiliki rumah hunian milik pribadi.

“Saat ini hunian rusun diperuntukan bagi ASN, staf PTT, instansi vertikal yang bekerja dan berdomisili di kota Baubau,” ujarnya.

Ditempat sama, Kepala Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Sulawesi III, Iskandar Ismail menambahkan setelah serangkaian proses akhirnya rusun untuk ASN Pemkot Baubau bermodel bangunan empat lantai dan memiliki 58 kamar hunian itu dapat difungsikan.

“Kalau tipe 36 berarti kamarnya dua. Lengkap dengan ruang tamu, kamar mandi dan dapur. Representatif sekali bagi pegawai negeri. Biasanya sudah ada anaknya butuh kamar lagi. Bisa dimanfaatkan dengan baik tinggal membenahi yang masih kurang karena keterbatasan anggaran,” ungkap Iskandar Ismail.

Ismail meminta Pemkot Baubau agar dalam memberikan dukungan berupa dana pemeliharaan rusun ASN sebagai bentuk perawatan bangunan.

“Kami harapkan rusun ASN ini sangat berguna. Bagaimana mau dikasih bantuan rusun lagi kalau tidak dihuni satunya. Ini kan masih belum berfungsi. Mau minta lagi, jadi pertimbangan,” pintanya.

Penulis : Ardilan