NEWS

Warga Desa Konawe Antusias Sambut Kunjungan Harmin Ramba untuk Menyampaikan Keluhannya

322
×

Warga Desa Konawe Antusias Sambut Kunjungan Harmin Ramba untuk Menyampaikan Keluhannya

Sebarkan artikel ini

KONAWE, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Harmin Ramba berkunjung ke Desa Tanggola Kecamatan Routa. Kedatangan Harmin bersama jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) itu disambut antusias warga desa setempat.

“Kehadiran Bupak Bupati Konawe, Pak Harmin Ramba di tengah masyarakat kami khususnya di Desa Tanggola terasa seperti malaikat yang diutus Tuhan. Kami sangat berharap agar kehadiran beliau membawa perubahan, terutama dalam pembangunan infrastruktur. Kami sangat berharap demikian Pak Bupati,” ungkap salah satu warga Desa Tanggola, Jumalakassa dengan perasaan haru.

Juma juga menyampaikan harapannya agar pemerintah daerah (Pemda) Konawe dapat membantu warga desanya memperoleh Sertifikat Hak Atas Tanah (SKT) atas tanah yang telah dikelolanya selama bertahun-tahun. Ia mengakui memiliki tanah adalah bagian dari kemerdekaan yang telah mereka perjuangkan.

Ia pun berharap Pemda Konawe dapat memperbaiki infrastruktur jembatan dan akses ke ibu kota kecamatan agar harga pupuk dan bahan pokok menjadi lebih terjangkau. Selain itu, pihaknya juga mengeluhkan harga bahan bakar seperti bensin yang terbilang mahal bagi masyarakat desanya.

“Harga perbotol (Bensin) di sini Rp 18 ribu. Sedangkan untuk pupuk Poska Rp 350 ribu karena tidak ada subsidi,” keluhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tonggala, Supardi mengungkapkan mayoritas dari masyarakat desanya adalah petani sehingga membutuhkan pupuk bersubdisi. Dirinya juga berharap sarana dan prasana di desanya diperbaiki demi menunjang perekonomian masyarakat.

“Salama ini kita mengambil pupuk dari Sulawesi Selatan karena aksesnya lebih dekat walaupun harganya mahal,” ungkapnya.

Supardi juga meminta Pemda Konawe menurunkan status lahan masyarakat desanya yang sebelumnya merupakan kawasan KSDA. Bantuan-bantuan aspirasi juga tidak pernah didapatkan oleh masyarakat desanya.

Menanggapi hal tersebut, Harmin Ramba mengaku kedatangannya memang ia rencanakan agar aspirasi masyarakat desa Tonggala menjadi atensi OPD Pemda Konawe.

“Saya sengaja membawa kepala dinas terkait agar mereka dapat melihat dan mendengar langsung keluhan warga, bukan hanya menunggu laporan dari kepala desa,” katanya.

Harmin Ramba juga berkomitmen untuk membangun infrastruktur penting lainnya di Routa seperti jaringan internet, penyediaan air bersih, penerangan dan pengaspalan antara Latoma dan Routa sepanjang sekitar 109 kilometer.

Dikunjungannya itu, Harmin juga mengalokasikan dana sebesar Rp 200 juta untuk pengelolaan dana Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Tanggola. Dana awal ini akan dikelola oleh Bumdes tersebut.

Harmin Ramba juga mengatakan untuk mempermudah para Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan masyarakat di Routa dalam melakukan transaksi keuangan seperti tarik tunai dan menabung, PJ Bupati Konawe akan meminta Bank Sultra untuk menyediakan layanan keuangan, minimal dengan membuka kantor kas BPD.

You cannot copy content of this page