Begini Peran KIPP Dalam Kontestasi Pemilu 2024

NEWS283 dibaca

KENDARI – Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) merupakan salah satu lembaga yang bergerak dalam pemantauan pemilihan umum atau pemilu. Peran KIPP sendiri sangat lah penting dalam membantu penyelenggara Pemilu 2024 mendatang.

Ketua KIPP Sultra, Muhammad Nasir mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap figur-figur, baik itu saat figur berkampanye ataupun lain sebagainya, sehingga pemilu nantinya akan berjalan dengan jujur dan adil sesuai peraturan perundang-undangan.

“Kami juga membantu KPU dan Bawaslu tentang bagaimana pentingnya hak suara disalurkan. Jika suara kita tersalurkan pada orang yang tepat maka aspirasi kita juga akan dapat tersalurkan,” ucap Nasir saat menghadiri acara BINCANG KITA di Studio MEKTV, Rabu 7 Desember 2022.

Baca Juga : Pj Bupati Bombana Galakkan Tanam Sayur dan Buah di Lahan Kosong

Dikatakannya, jika melihat pemilu sebelum-sebelumnya pihak KIPP sendiri telah menemukan beberapa pelanggaran yang memang tidak jauh bedah dengan pilkada, misalnya pelanggaran money politik, kenetralan ASN, dan lain sebagainya.

“Pelanggaran-pelanggaran ini yang menjadi fokus pemantauan kami nantinya dan pelanggaran itu juga akan kita laporkan kepada pihak Bawaslu untuk diproses lebih lanjut,” katanya.

Ia juga mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan pemilu 2024 mendatang, sehingga nantinya akan berjalan dengan aman dan kondusif sesuai dengan semua harapan.

“Kalau ada dugaan pelanggaran yang ditemukan oleh masyarakat segera laporkan kepada pengawas pemilu setempat dan jika tidak sempat laporkan ke kami (KIPP),” pungkasnya.

Reporter : Hendrik

Facebook : Mediakendari