AdvertorialKendariPemerintahan

Bidang Perencanaan Makro Bappeda Sultra Paparkan Strategi RKP dan RKPD 2024

693
×

Bidang Perencanaan Makro Bappeda Sultra Paparkan Strategi RKP dan RKPD 2024

Sebarkan artikel ini

Bidang Perencanaan Makro Bappeda Sulawesi Tenggara (Sultra) memaparkan strategi Penusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara pada tahun 2024 pada Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang), pada Jumat Sore (15/9) di Ball Room Plaza Inn Hotel.

Hasrullah dalam paparannya menyebutkan Rakortekrenbang merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam rangkaian penyusunan rencana kerja pemerintah (RKP) dan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2024. Hasil-hasil yang disepakati agar dapat dijadikan acuan, baik oleh Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah dalam kebijakan perencanaan program dan kegiatan pada tahun 2024 nanti.

Selain itu, pencapaian target pembangunan nasional harus dilakukan bersama dengan dukungan dan komitmen semua tingkat pemerintahan sesuai dengan kewenangan. Pada saat penyusunan RKPD provinsi kabupaten/kota maupun RPD.

“Tujuan dalam rangka sinkronisasi maupun harmonisasi program prioritas pembangunan baik serta merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota,” ungkap Hasrullah saat paparan.

Dikatannya, antusiasme peserta saat mengikuti Rakortekrenbang Kendari pembangunan daerah merupakan perwujudan dari pelaksanaan urusan pemerintahan yang telah diserahkan ke daerah sebagai bagian integral dari pembangunan nasional yang terdiri dari: peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan usaha, akses dan kualitas publik, dan daya saing daerah.

“Kegiatan itu bertujuan menghasilkan interaksi dan diskusi guna mewujudkan sinkronisasi perencanaan pembangunan nasional dan pembangunan daerah serta pembangunan antar daerah tahun 2024 mendatang. Kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh OPD lingkup Sulawesi Tenggara yang terdiri dari 17 kabupaten/kota,” urainya Hasrullah.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulawesi Tenggara, J. Robert menambahkan kegiatan merupakan kegiatan staff bidang perencanaan makro Bappeda Sulawesi Tenggara. Dan  saat menggelar Rakortekrenbang harus selaraskan prioritas pusat dan daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Tenggara gelar rapat koordinasi teknis perencanaan pembangunan (rakortekrenbang). (ADV) (Red).

You cannot copy content of this page