oleh

BPBD Konawe Latih Siswa SMPN 1 Wawotobi Sikap Tanggap Bencana

Reporter : Indras

Editor : Kang Upi

KONAWE – Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe melatih siswa SMPN 1 Wawotobi, untuk bersikap tangggap terhadap bencana.

Untuk menciptakan sikap ini dikalangan siswa, BPBD Konawe melakukan simulasi evakuasi bencana gempa bumi di sekolah tersebut, dengan melibatkan ratusan siswa dan guru, Jumat (26/04/2019).

Kepala BPBD Kabupaten Konawe, Ameruddin menjelaskan, simulasi digelar bertujuan untuk memberikan edukasi bagi siswa tentang pengetahuan penanggulangan bencana, atau kesiapsiagaan bencana.

“Sehingga ketika terjadi bencana dilingkungan tempat tinggal atau tempat umum mereka sudah memahami langkah apa yang harus dilakukan,” jelasnya.

Selain simulasi, kata Amirudin, siswa juga diajar pengetahuan dasar pertolongan pertama terhadap korban bencana, serta pemahaman tentang penggunaan peralatan tanggap darurat bencana.

Atas kegiatan ini, Kepala SMPN 1 Wawotobi, Cecep Supria Yudowono, S.Pd., M.Pd, mengaku pihaknya mengapresiasi BPBD, untuk program simulasi yang diakukan dengan melibatkan siswa dan guru di sekolahnya.

“Allhamdulilah dengan adanya kegiatan ini, bukan hanya siswa tetapi guru juga mendapat pemahaman tentang bagaimana ketika terjadi bencana, ini jadi pengalaman kami,” pungkasnya. (A)

Terkini