KONAWE SELATAN

Bupati Konsel Dukung Pembangunan Kampus IAIN di Konda

463
Bupati Konsel H.Surunuddin Dangga ST.MM saat menerima rombongan dari Universitas IAIN (Foto:Mediakendari.com/Erlin)

Reporter: Erlin

ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Danggga, ST., MM mendukung pembangunan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari di Kecamatan Konda.

Hal dikatakan Surunuddin saat audiensi dengan Rektor IAIN, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd, bersama jajaran di Rumah Jabatan Bupati, Senin 9 Maret 2020.

Audiensi juga terkait rencana transformasi IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), untuk memperluas dan memenuhi kebutuhan akses pendidikan berkualitas dan terjangkau.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga menjelaskan, audiensi itu sesuai program prioritas dan salah satu misi Pemda Konsel yaitu peningkatan SDM sebagaimana tercantum dalam RPJMD 2016-2021.

“Pemda tidak hanya membangun infrastruktur, tetapi memprioritaskan SDM, melalui kerjasama dengan perguruan tinggi seperti UGM dan IPB. Juga berpeluang bekerjasama dengan IAIN,” tutur Surunuddin.

Terkait rencana pembangunan Kampus IAIN di Konda, Dirinya berharap rencana tersebut sesuai tata ruang Konsel. Ia meminta IAIN bisa bekerjasama dengan Tim Percepatan Investasi (TPI).

“IAIN diharapkan bisa bekerjasama dengan tim tersebut, termasuk terkait siteplan dan pembebasan lahan, agar ketika timbul masalah kedepan bisa diselesaikan bersama,” imbuhnya.

Surunuddin menyebut jika dirinya mendukung transformasi IAIN menjadi UIN dan siap bersinergi dalam proses pembangunan, serta pemberian beasiswa untuk meningkatkan SDM di Konsel.

“Saya berharap IAIN dapat mempertahankan bahkan meningkatkan mutu, sehingga calon mahasiswa Konsel tidak perlu lagi keluar daerah untuk kuliah,” ujarnya.

Dirinya juga berharap, adanya UIN Kendari di Konsel dapat membantu pemerintah melakukan pembinaan generasi muda dapat memiliki Imtaq agar tidak terpapar paham radikal.

“Dengan dibukanya fakultas keguruan lain dan fakultas Kedokteran, dapat memenuhi kebutuhan guru agama di sekolah dan dokter, sehingga pelayanan pendidikan dan kesehatan dapat terlaksana dengan baik,” tutupnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Kendari, Prof Faizah menyampaikan, audiensi juga bertujuan memperkenalkan IAIN yang sedang berproses menjadi UIN, sekaligus melaporkan rencana membangun kampus baru di Konda.

Ia meminta dukungan Pemda Konsel dalam pengembangan pendidikan tinggi, melalui program pasca sarjana di IAIN Kendari guna memenuhi kebutuhan peningkatan SDM di Konsel.

“Kedepan IAIN akan membuka jurusan sebagaimana universitas pada umumnya, antara lain fakultas kedokteran. Dengan terus melaksanakan sosialisasi ke masyarakat setiap tahunnya,” ujarnya.

Prof Faizah juga melaporkan telah diselesaikannya pengurusan lahan sebagai salah satu syarat dimulainya pembangunan gedung unit baru IAIN Kendari.

“Kita semua sama berharap, kehadiran universitas dapat memenuhi kebutuhan peningkatan SDM di Sultra dan Konsel pada khususnya, kami juga harapkan informasi dan sinergitas dari Pemda Konsel,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan transformasi IAN menjadi UIN akan mengkombinasikan antara ilmu agama dengan Ilmu Saintek. “Diharapakan dapat memberikan peningkatan SDM konsel yang cerdas dan berimtaq,” tutupnya.

Turut hadir dalam audiensi Wakil rektor I Dr. Husain Insawan, M.Ag, Wakil Rektor III Dr. H. Herman, M.Pd.I, Ketua senat. Prof. H. Zulkifli Mustan, M.Si.,M.Pd, Kepala Biro AUAK Dr. H. Nanang Fatchurrachman, M.Pd.

Ketua LPPM Dr. Abdul Kadir, M.Pd, Kepala SPI Aliwar, M.Pd, Dekan Fakultas Usuluddin Adab dan Dakwah Dr. Nurdin, M.Pd, serta Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Dr. Masdin, M.Pd.

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version