KendariNEWSPemerintahan

Deklarasi Pemilu Damai, Polda Sultra Siapkan Tiga Cara Pengamanan

5609
×

Deklarasi Pemilu Damai, Polda Sultra Siapkan Tiga Cara Pengamanan

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan tiga cara pengaman untuk menghadapi pemilihan umum (Pemilu) tahun 2023 mendatang.

“Satu, kegiatan poling sistem melalui pelaksanaan deklarasi pemilu damai tahun 2024 sebelum memasuki tahapan pemilu. Kedua, kegiatan rutin yang ditingkatkan dan ketiga kegiatan polisi lainnya yang ditunjukkan untuk mencegah polalisasi masyarakat dengan menggelorakan pemilu damai bersama dengan elemen masyarakat lainnya,” ucap Kapolda Sultra, Irjen Pol Teguh Pristiwanto melalui Wakapolda Sultra, Brigjen Pol Dwi Irianto dalam kegiatan deklarasi pemilu damai, Rabu 13 September 2023.

Menurutnya, ini merupakan agenda penting dan strategis yang penting bagi keberlangsungan pembangunan guna memiliki kesejahteraan rakyat Indonesia yang harus dijamin keamanan dan kelancarannya serta pelaksanaan sehingga dapat berjalan sesuai dengan tagline yang telah ditetapkan oleh penyelenggaraan pemilu. Pada konteks ini, Polda Sultra bertanggungjawab untuk mengawal dan mengamankan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 dengan melakukan langkah-langkah perencanaan.

“Tentunya hal ini, membutuhkan dukungan dan partisipasi dari seluruh stakeholder baik Forkopimda, penyelenggaraan pemilu, parpol dengan segenap lapisan masyarakat sehingga tahapan pemilu 2024 di wilayah Sultra dapat berjalan dengan baik. Hal demikian, sejalan dengan arahan Bapak Kapolri agar jajaran polri senantiasa meningkatkan koordinasi dengan penyelenggara pemilu dalam hal kesiapan pelaksanaan pemilu dan memberikan dukungan pada setiap tahapan pemilu dengan menciptakan early warning system yaitu deteksi dini dan pencegahan dini terhadap potensi keamanan di wilayah masing-masing,” katanya.

Ia menerangkan dalam pelaksanaan pemilu tentunya terdapat berbagai potensi keamanan yang memerlukan perhatian khusus bagi semua pihak untuk diantisipasi dan dicegah sejak dini sehingga tidak berkembang menjadi gangguan yang dapat menghambat penyelenggara pemilu.

“Polda Sultra melalui kegiatan ini, mengajak semua pihak untuk bersama-sama berdeklarasi dan berkomitmen untuk memujudkan pemilu tahun 2024 yang kondusif, aman, damai di Provinsi Sultra ini, berkaitan dengan memujudkan pemilu yang kondusif, aman, dan damai di Polda Sultra dan di Wilayah Sultra,” katanya

Dirinya menambahkan beberapa harapan dan imbauan dari aparat kepolisian kepada semua pihak yaitu pertama mari bersama meningkatkan kesatuan, menjaga silahturahmi dan kerukunan antar warga masyarakat, guna meminimalisir berbagai kerawanan yang menggangu pelaksanaan pemilu. Kedua, menghadapi tahapan pemilu ke depan, khususnya tahapan kampanye agar para pihak yang terlibat mengedepankan pelaksanaan kampanye yang positif dengan memprioritaskan keamanan, keselamatan masyarakat, serta yang paling utama adalah senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan.

You cannot copy content of this page