KONAWE SELATAN

Dinyatakan Membaik, PDP di BLUD RS Konsel Dipulangkan

219
Suasana Konfrensi pers di Media center gugus tugas konsel (Foto:Mediakendari.com/Erlin)

Reporter:Erlin/Editor: Indi La’awu

ANDOOLO – Satu diantara dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kabupaten Bombana yang dirujuk di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe Selatan (Konsel), dinyatakan negatif covid-19. Kondisinya mulai berangsur membaik dan akan dipulangkan hari ini, Kamis 23 April 2020.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama (Dirut) RS Konsel, dr. Boni Lambang Pramana didampingi juru bicara (Jubir) tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Konsel, Annas Mas’ud saat menggelar konferensi pers di media center gugus tugas di RS Konsel kemarin, 22 April 2020.

Dirut RS Konsel, dr. Boni menjelaskan PDP asal Kabupaten Bombana  berusia 81 tahun yang dirujuk ke BLUD RS Konsel beberapa pekan lalu. Kini kondisinya telah membaik dan akan dipulangkan hari ini.

“Sudah akan dipulangkan karena kondisinya baik, hasil rapid testnya dan swab juga negatif,” jelasnya.

Namun, lanjut Boni, RS Konsel kembali menerima pasien PDP rujukan dari Kabupaten Bombana.

“Jadi saat ini ada dua pasien PDP yang kami rawat di gedung isolasi, usia 19 tahun dari bombana juga,” terangnya.

Dari riwayat perjalanan pasien tersebut, sambung Boni belum diketahui persis. Saat ini  kata dia, masih melakukan tracking melalui koordinasi dengan pihak RSU Bombana.

“Dari teman-teman medis bombana mendiagnosa pasien tersebut terpapar covid, dengan gejala demam, gangguan pernafasan dan letih lesu. Akan tetapi setelah kami lakukan rapid test terhadap pasien hasilnya negatif. Meski demikian penanganan pesien tetap ditangani sesuai standar pelayanan pasien covid-19,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Jubir gugus tugas covid-19 Konsel, Annas Mas’ud merinci jumlah ODP di Konsel perbulan April saat ini sebanyak 39 orang dari total ODP sebelumnya 113 orang, selesai pemantauan 74 orang.

” Total ODP 113 orang, selesai pemantauan 74 , ODP saat ini sisa 39 orang,” rincinya.

Dari data yang dimiliki daerah di wilayah konsel yang rentan terbanyak ODP itu di Kecamatan Mowila, Kecamatan Ranomeeto Barat, Kecamatan Kolono Timur dan Kecamatan Angata.

“Mowila 7 ODP, Ranomeero Barat 5 ODP, Kolono Timur 5 ODP, kemudian Angata 4 ODP,” tutupnya.

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version