BAUBAUBREAKING NEWSHEADLINE NEWSKendariKONAWEPemerintahan

Ferdinand dan Harmin Ramba Bersaing Ketat jadi PJ Konawe, Muliadi : Tgl 24 Pelantikan PJ Bupati Konawe dan Walikota Baubau

761
×

Ferdinand dan Harmin Ramba Bersaing Ketat jadi PJ Konawe, Muliadi : Tgl 24 Pelantikan PJ Bupati Konawe dan Walikota Baubau

Sebarkan artikel ini
Karo Pemerintahan Sekretariat Pemprov Sultra, Muliadi

KENDARI-mediake.dari.com – Masa Jabatan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa akan berakhir pada tanggal 23 September bulan ini. Sedangkan Wakil Wali Kota Baubau Minianse pada 24 nanti.

Meski hanya selang sehari saja antara berakhirnya masa jabatan keduanya, baik Kery maupun Monianse, tapi pelantikan Pejabat Bupati dan Walikota Baubau akan dilakukan secara bersamaan.

Rencana pelantikan akan digelar pada tanggal 24 Septermber mendatang.

Rencana pelantikan PJ kedua daerah tersebut secara bersamaan, itu diungkapkan Kepada Biro Pemerintahan Pemprov Sultra, Muliadi.

“Bulan ini tanggal 24 september berakhir masa jabatan, jadi harus ada pelantikan,” ujarnya Kepala Biro Pemerintahan Otonomi Daerah (Otda) Sekretariat Daerah (Setda) Sultra, Muliadi saat di wawancarai rekan media, Selasa (20/9/2023).

Sementara itu, lanjutnya, Pj Bupati Konawe dan PJ Wali Kota Bau-bau tinggal Menunggu SK Mendagri, Berikut Nama yang Diusulkan.

Ia menyampaikan, untuk usulan Pj Bupati Konawe dan Wali Kota Bau-bau batas akhir pengusulannya telah berakhir sejak 9 Agustus 2023 lalu, bahkan saat ini telah tuntas di Tim Penilai Akhir (TPA).

Sekarang pemprov Sultra tinggal menunggu SK dari Kemendagri. Siapa kira-kira yang ditunjuk, sudah itu dianggap yang memiliki kemampuan dan memenuhi syarat persyaratan administrasi sebagaimana penilaian dari TPA.

Ia menjelaskan, pengusulan Pj kepala daerah melalui tiga komponen yakni unsur Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Gubernur dan Kemendagri, yang selanjutnya melalui penilaian dari TPA.

“Jadi itu digodok di TPA. Jadi saya kira TPA sudah selesai, sekarang tinggal kita tunggu hasil akhirnya di Kemendagri kira-kira siapa yang di SK-kan” jelasnya.

Sementara ditanya, untuk usulan Pj dua daerah tersebut dari Pemprov Sultra ia menyampaikan dirinya tidak bisa menyebut nama sebab itu menjadi gawean pimpinan dalam hal ini gubernur.

“Jadi yang berkepentingan dalam hal ini pimpinan, kami ndak berani menyebutkan siapa. Tetapi itu sudah diusulkan sejak jamannya Pak Ali Mazi sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara dan AMJ dua daerah ini 24 September, saya kira tinggal menghitung hari saja dan kita tunggu hasilnya,” jelasnya.

Lanjut ia menyampaikan, nantinya pelantikan Pj Bupati Konawe dan Kota Bau-bau akan bersamaan. Sehingga ia ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat apapun yang diputuskan oleh pemerintah pusat sudah itu yang terbaik.

“Masyarakat diharapkan tetap tenang dan menjaga kondusifitas daerah. Jadi ini tinggal menunggu waktu saja,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Asrun Lio membeberkan bahwa, nama-nama Pj telah diajukan oleh Pemerintah Provinsi Sultra, DPRD kabupaten kota termasuk usulan dari Kemendagri sendiri.

“Untuk Konawe, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinand, ada juga Harmin Ramba (Kepala Kesbangpol Sultra),” ujar Asrun Lio.

Asrun lIo menjelaskan untuk PJ Walikota Bau-bau ada Ilyas Abibu (Kepala Bapenda Sultra), Yuni (Asisten II Setda Sultra dan Rajulan (Kepala Dinas Perhubungan Sultra)..

“Dengan berakhirnya masa jabatan kedua pimpinan daerah tersebut, maka di tanggal 24 September mesti dilaksanakan pelantikan Pj,” ujar Mantan Kadis Diknas tersebut.

Sebagai informasi tambahan, masa kerja Harmin Ramba sebagai Aparatus Sipil Negara (ASN) untuk menjadi PJ Bupati Konawe sangat tipis, pasalnya Harmin Ramba akan segeran purna bakti sebagai ASN. (Red).

You cannot copy content of this page