KendariNEWSSULTRA

Ini Kelemahan Virus Corona Menurut Ahli Forensik Sultra

432
Dokter ahli forensik di Sultra, Kompol DR. dr. Mauluddin, Sp.Forensik (kiri) bersama Direktur Mediakendari.com, Jafrun SH.

Reporter: Febi Purnasari / Editor: La Ode Adnan Irham

KENDARI – Dokter ahli forensik di Sultra, Kompol DR. dr. Mauluddin, Sp.Forensik mengatakan Virus Corona sangat mudah menyebar dan menyerang manusia, namun bukan berarti virus itu tak punya kelemahan.

Virus asal Cina itu kata dia, jika menempel di tangan, sangat mudah mati dengan mencuci tangan pakai sabun jenis dan merek apapun. Kemudian juga bisa ditewaskan dengan desinfektan dan alkohol.

“Bahkan dengan air yang mengalirpun dapat mematikannya dan memutus perkembangannya,” katanya saat diwawancarai ketika menyambangi Kantor Mediakendari.com, Rabu 22 April 2020.

Virus Corona bisa menyebar lewat droplet seperti bersin, batuk kemudian apabila menyinggahi media-media seperti kursi, jalan atau eskalator mall, yang jika disentuh tangan kemudian tangan itu menyentuh mata, hidung dan mulut akan menjadi awal mula masuknya Covid-19 ke dalam tubuh.

Selain itu juga, ia mengatakan bagi tubuh yang memiliki antibodi kuat maka tidak akan mudah terserang virus ini. Banyaknya kematian karena rata-rata mereka yang meninggal tak memiliki antibodi kuat.

“Orang-orang yang memiliki antibodi yang tidak kuat, seperti orang tua, bayi, orang yang sudah punya penyakit menahun seperti ginjal, penyakit paru dan sebagainya, mereka rentan terkena,” ujarnya.

Dia mengimbau tetap menggunakan masker demi membantu memutus mata rantai penyebarannya.

“Maskermu melindungimu, maskermu melindungiku. Agar liur ludah tidak menyembur kemana-mana dan orang lainpun juga tidak terpapar,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, Covid-19 ini akan berakhir jika orang yang terakhir terpapar itu tidak bertemu lagi dengan orang lain.

“Dengan 14 hari berdiam diri di rumah, insyaa Allah tidak ada lagi virus yang berkembang diluar, tetapi hal ini sulit, karena dunia ini dinamis. Ada orang yang mencari makan serta aktivitas lainnya,” tutupnya. (A)

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version