NEWS

KSK Pastikan Tuntaskan Tanggungjawab Hingga Akhir Masa Jabatan, Pembangunan Terus Digenjot

282
×

KSK Pastikan Tuntaskan Tanggungjawab Hingga Akhir Masa Jabatan, Pembangunan Terus Digenjot

Sebarkan artikel ini

MEDIAKENDARI.COM, KONAWE  – Memasuki akhir masa jabatannya, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) memastikan akan tetap berkomitmen untuk menyelesaikan tugasnya. Termasuk proyeksi pembangunan di Konawe pada tahun 2023 dipastikan tak jauh beda dibanding empat tahun sebelumnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan fokus menuntaskan program rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2018-2023 yang mengusung visi Konawe Gemilang. Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan, mengatakan, meski masa jabatan Bupati, Kery Saiful Konggoasa akan berakhir tahun ini, konsentrasi pembangunan ditahun 2023 tetap konsisten mengacu pada RPJMD.

Mulai dari program berkaitan isu-isu nasional seperti stunting, maupun program unggulan terkait visi misi Pemkab Konawe. Yakni, program disektor pertanian, perikanan dan peternakan. Termasuk pula, program yang menjadi kewajiban mandatori (mandatory spending) yang telah diamanatkan oleh Pemerintah Pusat.

“Mandatory spending tersebut, diantaranya alokasi anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBD, anggaran kesehatan sebesar 10 persen, serta alokasi dana desa (ADD) 10 persen. Program tersebut tetap jalan sebab RPJMD itu lima tahun, yakni 2018-2023,” ujar Ferdinand Sapan, Selasa (30/5).

Mantan Kepala BPKAD Konawe itu menuturkan, program dibidang infrastruktur juga bakal tetap ditingkatkan pada tahun ini. Salah satunya, lanjutan proyek revitalisasi Kota Unaaha yang meliputi perbaikan jalan rusak di kompleks STQ Konawe, serta drainase untuk pembuangan air pada areal lingkar dalam kantor Pemkab Konawe yang direvitalisasi.
“Untuk kegiatan revitalisasi tahap dua, kita sudah anggarkan. Pagunya saya kurang hafal. Yang jelas, nominalnya dibawah pagu anggaran tahun 2022,” ungkapnya. Ferdinand Sapan menyebut, wilayah Kota Unaaha yang terlebih dahulu direvitalisasi, yakni pada seputaran kawasan perkantoran Pemkab.

Kawasan tersebut dipoles menjadi ruang publik yang nyaman bagi pejalan kaki. Termasuk, bagi warga yang melakukan aktivitas olahraga pada pagi maupun sore hari. “Ada tempat-tempat khusus untuk spot berfoto. Rencananya juga, akan ada panggung besar pada plang penanda yang bertuliskan kantor Bupati Konawe. Sehingga, jika membutuhkan ruang publik untuk suatu kegiatan acara tertentu, kita sudah siap,” tandasnya.

You cannot copy content of this page