oleh

Mayjen TNI Andi Sumangerukka Sandang Gelar Anakia Pobendeno Mekongga

-NEWS-1.549 dibaca

Reporter: Taswin Tahang

KOLAKA – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka menerima gelar ‘Anakia Pobendeno Mekongga’.

Gelar yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Pelindung Masyarakat Mekongga’ ini disematkan Raja Bokeo Mekongga, Khaerun Dahlan di Makam Sangiani Bandera. Kamis, 28 Januari 2020.

Raja Bokeo Mekongga, Khaerun Dahlan menjelaskan pemberian gelar anakia kepada seseorang tidaklah sembarangan, karena harus melalui proses serta musyawarah terlebih dahulu.

“Keputusan ini melewati musyawarah majelis adat Mekongga. Lembaga adat Bokeo dan Lembaga Adat Mekongga bersama tokoh adat,” jelas Khaerun Dahlan kepada awak media.

Menurutnya, gelar Anakia Pobendeno Mekongga sesuai kedudukan daerah Kolaka yang masuk dalam wilayah pertahanan Kodam XIV/Hasanuddin bersama daerah di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Pobendeno artinya pelindung, karna kapasitas beliau sebagai Pangdam yang melindungi suatu wilayah termasuk Kerajaan Mekongga yang masuk kedalam wilayah teritorialnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengucapkan terimakasih atas penyematan gelar Anakia Pobendeno Mekongga, bagi dirinya.

“Terus terang saya melihat dan merasakan aura yang ada dalam tubuh saya, semoga amanah ini menjadi pemicu semangat bagi saya. Amanah ini akan saya pengang sebagai pelindung dengan kapabilitas dan wewenang saat ini,” pungkasnya. /B

Terkini