Opini

Mencari Pemimpin Berkualitas di Konawe, Oleh : HERYANTO (Angkatan Muda Kabupaten Konawe)

773
×

Mencari Pemimpin Berkualitas di Konawe, Oleh : HERYANTO (Angkatan Muda Kabupaten Konawe)

Sebarkan artikel ini

Mencari Pemimpin Berkualitas di Konawe

Oleh : HERYANTO (Angkatan Muda Kabupaten Konawe)

OPINI, Mediakendari.com – Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 sudah di depan mata dan tugas kita sebagai Masyarakat Kabupaten Konawe adalah memilih pemimpin yang berkualitas untuk memimpin daerah ini ke arah yang lebih baik.

Pemilihan pemimpin bukanlah sekadar rutinitas demokratis, melainkan langkah krusial yang akan membentuk masa depan kita, pemilihan kepala daerah bukan sekedar ajang coba- coba untuk memilih pemimpin tetapi adalah sebuah pertaruhan yang sangat mahal, Pemilukada sejatinya adalah pertarungan ide, gagasan, visi, misi dan program bukanlah sebuah pertarungan amplop, uang dan koin.

Berbicara tentang pemilukada, selayaknya sama dengan mencari dan memilih siapa orang yang
cocok kita angkat menjadi pemimpin. di bidang birokrasi pemerintahan Karena idealnya,
melalui sosok dialah Amanah rakyat dapat diperhatikan untuk kesuksesan pembangunan
daerah.

Untuk memilih pemimpin yang berkualitas maka terlebih dahulu yang diperhatikan adalah
rekam jejak atau track record, dalam perkembanganya di Kabupaten Konawe telah muncul berbagai macam figure dari berbagai latar belakang, mulai dari Birokrasi, Legislatif dan
swasta/ Pengusaha, sebut saja DR H HARMIN RAMBA, SE, MM (Pj Bupati Konawe),
DR H ARDIN ( Ketua DPRD), RUSDIANTO, SE, MM ( Wakil Ketua DPRD), H IRAWAN LALIASA, YUSRAN AKBAR, ADI WARSAYAH, YUSRAN TARIDALA, FAHRI KONGGOASA, H LITANTO, H GINAL SAMBARI, DLL.

Untuk mentrakling figure – figure tersebut misalnya yang berasal dari Legislatif, maka pertanyaan mendasar adalah apakah dia adalah Politisi Moralis atau Politisi Busuk, apakah dia bukan bagian dari anggota dewan dengan pangkat 4D (datang, duduk, diam, duit) atau apakah selama menjadi anggota dewan dia kritis memperjuangkan kepentingan
Masyarakat atau kritis hanya untuk memperjuangkan kepentingan pokir.

Kemudian dari kalangan swasta/pengusaha, pertanyaan mendasarnya adalah apakah dia
mempunyai back groun pengusaha professional atau hanya berlabel pengusaha tetapi sesungguhnya adalah spekulan atau jaringan dari sindikasi mafia.

Kemudian yang dari Birokrasi, pertanyaan mendasarnya apakah saat memimpin birokrasi
dia mempunyai ide, gagasan, visi dan program yang jauh kedepan untuk membawa perubahan, mempunyai prestasi, mampu memberi warna dan memberi lompatan besar daerah dalam percaturan regional dan nasional.

Pemimpin yang berkualitas memiliki kemampuan untuk memimpin pembangunan dengan visi
jangka panjang. Mereka mampu merumuskan kebijakan-kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Pemimpin yang berkualitas dapat menciptakan iklim investasi yang kondusif dan mendorong inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Pemimpin berkualitas juga memahami pentingnya menjaga keseimbangan dan keberagaman di tengah masyarakat. Mereka tidak hanya mewakili satu kelompok, tetapi berkomitmen untuk melayani seluruh warga negara tanpa pandang bulu. Keberagaman diakui sebagai kekayaan dan pemimpin berkualitas akan menciptakan kebijakan inklusif yang memberdayakan semua lapisan masyarakat pemimpin yang berkualitas.

Pemimpin yang jujur dan transparan akan membangun kepercayaan rakyat dan mengurangi potensi korupsi. Keterbukaan dalam pengambilan keputusan dan akuntabilitas merupakan nilai-nilai yang dikedepankan oleh pemimpin yang benar-benar berkomitmen pada pelayanan masyarakat.

Pemimpin berkualitas harus memiliki visi inovatif. Mereka harus siap menghadapi tantangan
masa depan dan menggali potensi-potensi baru untuk meningkatkan daya saing bangsa.
Kreativitas dan inovasi dalam merumuskan kebijakan akan membawa kita menuju masa depan
yang lebih cemerlang.

Dalam menghadapi Pemilu kada 2024,di Kabupaten Konawe mari kita bersama-sama memahami pentingnya memilih pemimpin berkualitas. Pilihlah pemimpin yang memiliki visi jelas, moralitas tinggi, dan komitmen untuk melayani rakyat. Dengan melakukan itu, kita sedang membentuk masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

You cannot copy content of this page