DPRD KOTA KENDARIHEADLINE NEWS

Paripurna HUT Kendari, Ketua DPRD : Tantangan Hari Ini Membebaskan Warga dari Banjir

417
×

Paripurna HUT Kendari, Ketua DPRD : Tantangan Hari Ini Membebaskan Warga dari Banjir

Sebarkan artikel ini
Pj. Walikota Kendari Muhammad Yusup bersama Ketua DPRD Kota Kendari, H. Subhan dan unsur Forkopinda. Foto Ronas/ Mediakendari.com

KENDARI, Mediakendari,com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama DPRD Kendari menggelar rapat paripurna Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari Ke-193, Kamis 09 Mei 2024.

Ketua DPRD Kendari, Subhan menyebut, diusianya yang hampir 200 tahun, tantang Kota Kendari saat ini adalah membebaskan warga dari musibah banjir yang melanda daerah itu dalam beberapa bulan terakhir.

“Kita juga berupaya mewujudkan Kota Kendari sebagai kota yang hijau, bersih, berbudaya, relegius, kota yang minim tindak kriminalnya dan lainnya,” ungkapnya.

Subhan mengaku HUT tahun ini juga merupakan momen untuk mengenang jasa para pemimpin terdahulu di Kota Kendari.

“Mengenang, menghayati dan mengambil hikmah yang dilakukan oleh para pemimpin pendahulu. Menengok masa lalu sebagai mata rantai sejarah dan sekaligus fondasi yang sangat bernilai untuk mengintropeksi diri. Selain itu untuk mengevaluasi usaha kita dan hal- hal yang belum dapat kita selesaikan,” ujarnya.

Selain itu, DPRD Kota Kendari juga dapat melaksanakan tugas, wewenang dan fungsinya dengan baik yaitu fungsi pembuatan Perda bersama Pemkot periode 2019- 2024. Selanjutnya fungsi pengawasan yakni melakukan pengawasan terhadap kebijakan Pemkot Kendari dan penerapannya di lapangan. Dan fungsi anggaran, yaitu bersama- sama Pemkot Kendari menyusun dan menetapkan APBD.

“Antara DPRD dan Pemkot Kendari telah bersinergi dengan baik sehingga pelayanan kemasyarakatan, kegiatan pembangunan, hingga penyelenggaraan pembangunan dapat berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Sementara Pj. Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mengungkapkan, Kota Kendari di usia yang ke Р193, telah mengalami kemajuan yang signifikan diberbagai sektor, baik itu sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, layanan publik sosial budaya, maupun sektor lainnya yakni pembangunan secara fisik  peningkatan infrastruktur perkotaan, maupun non fisik yaitu pembangunan SDM.

“Hal itu sepatutnya kita memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para pemimpin tetdahulu kita, atas kiprah dan dedikasi mereka dalam meletakan dasar- dasar pembangunan di Kota Kendari,” ucapnya.

Saat ini, kata Yusuf, Pemkot Kendari telah melakukan kegiatan pembangunan, dengan capaian diataranya yaitu stabilitas daerah sebagai dimensi fundamental dan kontinuitas pembangunan Kota Kendari terus terkendali dengan baik. Selanjutnya perekonomian masyarakat yang baik dan indeks pembangunan manusia terus mengalami peningkatan.

“Pendapatan perkapita masyarakat mengalami peningkatan, mengalami pertumbuhan eklnkmi. Dan angka harapan hidup warga Kota Kendari terus mengalami peningkatan,” jelasnya.

Reporter: Ronas

You cannot copy content of this page