BAUBAU

Pemkot Baubau dan Dirlantas Imigrasi Sultra Tinjau Kesiapan Pelabuhan TBBM Pertamina

148
Wali Kota Baubau, AS Tamrin (Tengah) bersama Imigrasi Sultra saat meninjau lokasi TBBM Pertamina Baubau, Foto : Dokumentasi Dinas Kominfo Baubau

Reporter: Ardilan

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau dan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Imigrasi Sulawesi Tenggara (Sultra) meninjau di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina Kota Baubau.

Peninjauan ini dilakukan untuk melihat pembangunan pelabuhan khusus tempat pemeriksaan imigrasi di TBBM Pertamina Kota Baubau.

Dirlantas Imigrasi Sultra, Cucu Koswala menuturkan, peninjauan pelabuhan khusus di TBBM Pertamina Kota Baubau dianggap penting, karena proses impor minyak dari luar negeri khususnya Singapura berlabuh ke wilayah Sulawesi.

Imigrasi akan berperan sebagai pemberi kemudahan perijinan bagi awak-awak kapal yang membawa minyak dari luar negeri sebagai salah satu upaya fasilitator dari pembangunan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi nanti selanjutnya akan ditangani Kantor Imigrasi Baubau. Mudah-mudahan hasil peninjauan nanti bisa kami proses, dalam waktu dekat kami akan terbitkan keputusan dari bagian imigrasi,” kata Cucu Koswala dalam rilisnya, Senin 17 Februari 2020.

Menurutnya, untuk penentuan terminal kapal pertamina Baubau, ini sebagai tempat pemeriksaan imigrasi pelabuhan khusus.

Sementara, Wali Kota Baubau, AS Tamrin mengatakan, sebagai daerah strategis dari aspek geografis dan termasuk daerah yang aman dari gangguan ombak . Untuk itu, pihaknya mendukung sepenuhnya atas rencana Imigrasi Sultra.

“Terminal TBBM Baubau ini sebagai  pusat tempat pemeriksaan keimigrasian. Dan ketika meninjau langsung ke lapangan,” papar AS Tamrin.

Menurutnya, mekanisme kerja di fuel terminal pertamina di Baubau ini sudah sangat memandai, karena regulasi dengan mematuhi SOP. Pemkot berharap agar meningkatkan pelayanan pertamina untuk area sulawesi.

“Karena terminal depot Baubau ini bisa melayani Indonesia di bagian timur dan termasuk masalah regulasinya,” bebernya.

Sementara Manager area Pertamina wilayah Sulawesi, Yada Prawira Ganta mengatakan saat ini penempatan lokasi pelabuhan khusus tempat pemeriksaan imigrasi sedang dalam proses serta diskusi yang lebih detail bersama Imigrasi.

“Pertamina bersama Wali Kota dan imigrasi mencari cara agar ada pelayanan distribusi BBM ini lebih baik, lancar dan efisien. Dan semoga dengan begini kota Baubau bisa berkembang menjadi kota yang semakin baik serta efisien,” paparnya.

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version