KONAWE

PT VDNI dan PT OSS serap 950 Orang Pekerja Lokal

402
×

PT VDNI dan PT OSS serap 950 Orang Pekerja Lokal

Sebarkan artikel ini
Calon pekerja lokal PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI ) dan PT Obsidian Stainless Stell (OSS). Foto: MEDIAKENDARI.com/Muh. Ardiansyah R.

Reporter: Muh. Ardiansyah R/Editor: Jafrun

KENDARI – Kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) China pada gelombang pertama yang berjumlah 156, ternyata membawa angin segar bagi para warga lokal yang akan berkerja. Pasalnya, PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI ) dan PT Obsidian Stainless Stell (OSS) langsung menyerap sebanyak 950 pekerja lokal.

Departement Human Resources (HR) PT VDNI, Arya mengatakan ratusan pekerja lokal tersebut akan bekerja bersama para TKA yang baru saja tiba di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) beberapa waktu lalu. Bertujuan untuk mendukung pembangunan pabrik yang sedang dilakukan saat ini.

“Para TKA, 14 hari ini sedang dilakukan karantina dan itu belum bisa melakukan aktifitas, jadi sambil menunggu masa karantinanya, kami pihak perusahaan merekrut sekitar 950 pekerja lokal, yang sekarang sedang dalam proses,” ungkap Arya, Sabtu 27 Juni 2020.

Katanya, dalam proses perekrutan tersebut akan selesai bertepatan masa karantina para TKA. Sehingga saat masa karantina para TKA telah selesai, para pekerja lokal yang baru saja direktut tersebut mulai kerja bersama para TKA.

“Keberadaan 156 TKA yang baru saja datang ini, membuat kami pihak perusahaan harus menyerap tenaga kerja baru. Dan perekrutan itu memenuhi Man Power Planning Percepatan Pembangunan Mega Industry,” katanya.

Lanjutnya, kedatanganan para TKA tersebut untuk mengejar keterlambatan pembangunan Mega Industry Project Factory Building Construction Smelter Feronickel dan Stainless pasca Covid-19.

“Kedatangan 156 TKA asal China ini didatangkan dari perusahaan induk Jiangsu De Long. Mereka merupakan tenaga ahli dibidang Project Construction and Equipment Smelter,” lanjutnya.

Karyawan yang dibutuhkan berjumlah 200 orang terdiri dari crew produksi, construction, dan helper, yang minimal memiliki jenjang SMA sederajat dan akan mengikuti masa trainning; 30 operator excavator, 30 operator whell louder bersertifikat SIO, 30 welder iron design plate bersetifikat dan 10 laboraturium chemical production jurusan teknik kimia.

Ditempat yang sama, Staff PT VDNI Bidang Perekrutan, Dinda menjelaskan untuk kebutuhan PT. VDNI, pihaknya akan melakukan proses perekrutan sebanyak 250 driver dump truck, 100 crew workshop maintanance preparation, 320 crew material suspension, produksi dan laboraturium sampel.

“Kalau ditotal sekitar 950 tenaga kerja baru dalam proses dan perekrutan karyawan masih akan dilakukan sembari berjalannya proses percepatan pembangunan semelter, dan untuk karyawan yang memilih dirumahkan selama masa pandemi Covid-19 sudah mulai masuk ke divisi masing-masing,” jelasnya. (B)

You cannot copy content of this page