Kendari

UMKM Sultra Bakal Didorong Masuki Era Digitalisasi

205
×

UMKM Sultra Bakal Didorong Masuki Era Digitalisasi

Sebarkan artikel ini
Dekranasda Sultra
Ketua Dekranasda Sultra, Agista Aryani. (Foto: Rahmat R)

)

Reporter : Rahmat R.

KENDARI – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Agista Aryani bakal mendorong para penggiat UMKM untuk memasarkan barangnya melalui layanan digital.

Hal ini dia sampaikan dalam teleconference bersama dengan Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Wury Ma’ruf Amin, Rabu, 7 Oktober 2020 Pukul 08.00- 10.35 WIB.

Pertemuan secara virtual tersebut digelar dalam rangka mewujudkan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian nasional di era digital sekaligus pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri 2 pameran kerajinan UMKM unggulan binaan Bank Indonesia.

Agista juga menjelaskan, kerjasama antara BI dan Dekranasda Sultra sudah terjalin sejak lama, bahkan sudah melakukan pembinaan terhadap para pelaku UMKM di Sultra.

“Kami dengan BI itu sudah melakukan pembinaan, Insya Allah kedepannya akan lebih luas lagi, ” ucap Agista di Rujab Gubernur Sultra, Rabu 07 Oktober 2020.

Ia melanjutkan, UMKM kedepannya bisa membantu pendapatan asli daerah (PAD) untuk Sultra. Terkait digitalisasi UMKM, dianggap penting dan mesti didorong untuk pelaku usaha di Sultra.

“Sangat efektif ya, apalagi masa pandemi karena terkait dengan Covid-19 tetapi kendalanya jaringan. Namum pihak kami akan mendorong ini agar UMKM bisa membantu daerah juga nanti,” jelas Agista.

Istri Gubernur Sultra, Ali Mazi ini menyebutkan, soal penandatangan MoU, pihaknya akan mengarah pada UMKM yang bisa berkembang dan tidak mati dimasa pandemi.

“Dengan digitalisasi juga ini, di masa pandemi jangkauannya agar lebih luas. Penekanannya kita tetap mempertahankan kualitas produk kita agas bisa dijual di nasional bahkan internasional melalui bantuan perbankan,” tukasnya.

You cannot copy content of this page