Wali Kota Baubau Serahkan Bantuan Alsintan untuk Ribuan Petani

NEWS308 dibaca

BAUBAU, MEDIAKENDARI.COM – Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Ahmad Monianse hadir membuka acara dan menyerahkan secara langsung bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) untuk ribuan petani di kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dipertan), Selasa 27 Desember 2022.

Monianse berharap bantuan tersebut dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh para petani penerima manfaat untuk menunjang hasil pertanian di daerah eks pusat Kesultanan Buton itu.

Baca Juga : Camat se Kota Kendari Ikuti Seminar RDTR Kawasan Pengembangan Kota

Ditempat sama, Kepala Dipertan Kota Baubau, Muhammad Rais mengungkapkan bantuan alsintan yang diserahkan oleh Wali Kota Baubau merupakan hasil kinerja anggaran tahun 2022 mulai dari awal hingga akhir tahun ini.

“Kemarin anggaran awal itu ada bantuan benih padi yang sudah panen di Kecamatan Bungi kurang lebih 720 hektar. Kemudian ada bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) seperti pemipil jagung, pengering jagung, power tracer, spinel, kultivator. Itu semua dalam bentuk (Mengurangi) dampak inflasi,” ucap Muhammad Rais.

Baca Juga : Inflasi Sultra Capai 6,59 Persen, Lebih Tinggi dari Angka Nasional

Rais menyebut, total penerima bantuan sekitar 2000 lebih petani yang terbagi dalam 115 kelompok dengan akumulasi 1100 hektar lahan yang digunakan oleh para petani tersebut. Bantuan lainnya yang juga diberikan yakni bantuan bibit tanaman, sayuran, bibit jeruk siompu, bibit bawang, pupuk, pakan ternak sebagai dampak inflasi dan kenaikan BBM.

“Ada juga bantuan P2L (Pekarangan) dari pemerintah pusat. Ada sekitar 16 kelompok tani ibu-ibu yang mendapat bantuan karena mereka memberdayakan lahan-lahan samping rumah. Ada juga bantuan sapi limosin 5 ekor dengan rincian betina 4 ekor dan jantan 1 ekor, sapi biasa 18 ekor serta bantuan ayam kampung 900 ekor,” katanya.

Penulis : Ardilan

Facebook : Mediakendari