FEATUREDKONAWE SELATAN

Pemda Konsel Teken Kredit Rp 200 Miliar ke Bank Jateng

272
×

Pemda Konsel Teken Kredit Rp 200 Miliar ke Bank Jateng

Sebarkan artikel ini

SEMARANG – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Bersama Bank Jateng (Jawa Tengah) dan Bank Sultra (Sulawesi Tenggara) melakukan penandatanganan perjanjian Kredit Sindikasi yang diteken langsung Bupati Konsel, Surunuddin Dangga di Aula Rapat Bank Jateng di Semarang, Senin (21/5/2018).

Dalam penandatanganan tersebut, Surunudin Dangga di dampingi oleh Wakil Bupati (Wabup) Konsel, Arsalim Arifin dengan Kepala Bank Jateng, Supriyatno dan Direktur Bank Sultra, Khaerul K Raden serta disaksikan Sekda, Sjarif Sajang, Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo juga para jajaran Direksi Bank Jateng.

Dimana, Sindikasi Loan atau Kredit Sindikasi merupakan pinjaman atau kredit yang diberikan secara bersama oleh lebih dari satu bank kepada debitur tertentu. Kredit yang diberikan secara sindikasi dapat berupa Kredit Investasi (KI) ataupun Kredit Modal Kerja (KMK).

Dalam sambutannya, Kepala Bank Jateng, Supriyatno menyampaikan, akad kredit antara Pemda Konsel dan Bank Jateng merupakan sejarah, karena yang pertama kalinya Bank Jateng memberikan kucuran kredit di luar wilayah Jawa Tengah dan terjadi di bulan suci ramadhan.

“Semoga penandatanganan perjanjian pinjaman kredit yang sedang kita laksanakan dalam suasana ramadhan ini mendapat berkah dan Ridha oleh Allah SWT yang dapat memperlancar dan memajukan pembangunan Konsel ke depan,” papar Supriyatno.

Katanya, fasiliitas kredit sindikasi itu sebesar Rp 200 Miliar yang diberikan ke Pemda Konsel bertujuan untuk percepatan pembangunan tujuh infrastruktur multi years yang terdiri dari tiga proyek pembangunan jembatan dan empat proyek ruas pengaspalan dengan nilai total proyek Rp 244 Miliar.

BACA JUGA: Pemda Konsel Bersama DPRD Gelar Rapat Paripurna Penyerahan Lima Raperda

“Sehingga diharapkan pembangunan tujuh proyek segera terselesaikan dan dapat mendorong pertumbuhan potensi ekonomi yang signifikan dan dapat bermamfaat bagi kesejahteraan masyarakat Konsel,” urainya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Konsel, Surunuddin memberikan apresiasi dan berterimakasih atas kepercayaan kepada Pemda Konsel, karena pihaknya sangat faham pemberian fasilitas tersebut tidaklah mudah diberikan terlebih lagi dengan nilai yang cukup besar.

“Hari ini (Senin) merupakan momentum yang baik, karena Hari Kebangkitan Nasional, juga diharapkan kebangkitan Pemda Konsel, yang seharusnya program multi years ini diproyeksikan kelar tahun 2021 tapi kami yakin bisa selesai pada pertengahan Tahun 2019,” imbuh Surunuddin.

Sedangkan menurut Direktur Bank Sultra, Khaerul K Raden bahwa kerjasama tersebut merupakan yang pertama di Provinsi Sultra dan bisa terealisasi berkat upaya Bupati Konsel untuk mempercepat pembangunan infrastruktur wilayahnya dengan terlebih dahulu melakukan penjajakan dengan beberapa lembaga keuangan lain.

“Kami sangat bangga dengan pola pikir Bupati Konsel, seandainya pemikiran pemegang saham Bank Sultra sama dengan beliau, saya yakin seluruh BPD bisa cepat maju dan sukses memajukan daerahnya masing-masing,” jelas Raden.

“Perjanjian ini juga telah kami laporkan ke Kementrian terkait dan jika berhasil akan dijadikan pilot project atau jadi alternatif pinjaman lain, di mana mereka yang akan bantu mensosialisasikannya,” tukasnya.


Reporter: Erlin
Editor: Kardin

You cannot copy content of this page