oleh

Atlit Putra-Putri Cabor Atletik di Baubau untuk Ajang Popnas Siap Berlaga Ditahap Berikutnya

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Seleksi atlit tingkat pelajar untuk cabang olahraga (Cabor) atletik persiapan ajang Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Nasional (POPNAS) tahun 2021 selesai digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Baubau, Minggu 21 Februari 2021.

Hasilnya 46 putra-putri atlit terbaik berhasil direkrut usai saling bersaing dibidangnya masing-masing. Para atlit ini nantinya akan bersaing kembali di tahap berikutnya yaitu tahap seleksi tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menentukan wakil Sultra di ajang Popnas.

“Hasil seleksi ini nanti akan di bawa ke Kendari. Disana akan diseleksi lagi bersama dengan kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Tenggara untuk menjadi wakil Sultra di Popnas,” ungkap Kepala Bidang Olahraga Dispora Kota Baubau, Maaruji dikonfirmasi usai penyerahan hadiah Cabor Atletik di stadion Betoambari.

Kata dia, cabor Atletik yang diseleksi yakni Lari jarak 100 meter, 400 meter, 1500 meter, jalan cepat 5000 meter, tolak peluru, lompat jauh, lempar lembing dan lempar cakram.

Khusus untuk lari jarak 100 meter, Maaruji mengaku pihaknya optimis Sultra akan diwakili Kota Baubau. Sebab, pada saat kejuaraan daerah (Kejurda) sebelumnya perwakilan Kota Baubau berhasil meraih prestasi gemilang berupa torehan medali emas.

“Dilihat dari hasil Kejurda, putra-putri lari 100 meter itu memang unggulan Kota Baubau. Yang lainnya akan kami lihat lagi dalam seleksi nanti,” tukasnya.

Maaruji pun optimis untuk cabor Atletik di Popnas nanti, Sultra akan mayoritas diwakili atlit dari Kota Baubau.

Ia juga menjelaskan para atlit cabor atletik akan terus mendapatkan pelatihan secara reguler atau berkelanjutan. Pasalnya, selain untuk berlaga di Popnas pihaknya juga sekaligus mempersiapkan atlit untuk ajang pekan olahraga Provinsi (Porprov) Sultra yang akan berlangsung 2022 mendatang.

“Tetap (Latihan berlanjut) karena kami dari Dispora kerja sama dengan Koni dan pengcab. Disamping untuk Popnas juga persiapan Porprov. Setelah pulang dari sana (Popnas) kita akan latihan lagi,” tuturnya.

Sesuai agenda, beber Maaruji, seleksi tingkat Provinsi rencananya bakal digelar Maret 2021 mendatang. “Maret kegiatan di Provinsi. Kalau sudah lolos mereka akan tetap disana,” ujarnya.

Ia menambahkan untuk seleksi tingkat Kota para atlit cabor Atletik mendapat uang pembinaan dengan total anggaran sebesar Rp 14 juta yang diberikan kepada per orang untuk semua bidang Atletik.

Terkini