oleh

Bahayakan Pengendara, DPU Kolut Tutup Jalan Berlubang di Ibu Kota

-NEWS-241 dibaca

 

Reporter : Pendi

KOLAKA UTARA – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) melakukan penutupan jalan berlubang disejumlah titik di ruas jalan kawasan ibu kota kabupaten.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kolut, Ikrar menjelaskan sejumlah ruas jalan di ibu kota rusak dan berlubang dan bisa membahayakan para pengendara yang melintas di ruas tersebut.

“Dalam pemeliharaan rutin baik jalan maupun jembatan, kami mengambil langkah alternatif untuk menutup jalan yang berlubang itu dengan cara rabat,” kata Ikrar saat ditemui Selasa 30 Maret 2021.

Menurutnya, ruas jalan berlubang karena aspalnya sudah lama dan sudah tidak tahan dilewati kendaraan yang melintas yang terkadang dengan volume muatan yang cukup besar.

“Kami lakukan penutupan jalan berlubang di beberapa titik ruas jalan yang didalam Kota Lasusua dengan mengunakan material adalah semen, pasir, dan batu pecah serta mutu beton,” jelasnya.

Ikrar menyebut, beberapa titik ruas jalan yang agak paling parah dan banyak berlubang itu jalan di sekitar kompelks perkantoran Pemda Kolut serta di luar kawasan ibu kota.

“Selanjutnya adapun untuk ruas jalan diluar Kota Lasusua kami akan tutup juga namun kami akan survey dulu dan hitung volume serta anggarannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Pemeliharaan Dinas PU, Baso Zaiful menuturkan, setelah dirabat ini nanti bisa dilalui kendaraan sekitar tiga minggu agar untuk ketahanan rabat ini bisa bertahan lama.

“Jalan yang berlubang itu sebelum kami tutup terlebih dahulu kami lakukan untuk mengangkat materialnya yang rusak, jadi ketika ditutup tidak lagi terangkat maupun aspalnya pecah karena pertemuan ruasnya sudah melekat,” pungkasnya./B

Terkini