oleh

Bantuan Bedah Rumah Naik Rp 20 Juta Per Unit

Reporter : Rahmat R.
Editor : Indi

KENDARI – Program Sultra Emas yang dikumandangkan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi dan Lukman Abunawas untuk tahun 2019 terus digaungkan.

Salah satunya program Sultra Bantuan Masyatakat Miskin di Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukinan dan Pertanahan Sultra akan tetap fokus pada bedah rumah.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukinan dan Pertanahan Sultra, Martin Efendi Patulak mengatakan tahun 2018 bedah rumah diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu dengan besaran anggaran per unit Rp 15.000.000.

“Tahun ini itu naik Rp 20 juta perunit, namun tetap seperti tahun lalu, bukan dalam bentuk uang tunai tetapi dibelikan material,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (25/01/2019).

Lanjut dia, bantuan ini dianggarkan pada APBD 2019. Sasaran bantuan tergantung dari permintaan kabupaten yang diusulkan oleh pemerintah daerah.

Namun saat ini yang mengusulkan, baru 70 persen tersisa beberapa daerah yang belum memasukan usulan.

“Yang belum itu Butur, Konawe dan Bombana. Untuk 2019 semua daerah dapat bantuan yang bervariasi, ada yang 45-50 rumah tergantung jumlah penduduk,” sebutnya.

Terkait usulan dari Pemda akan disurvei oleh tim dari Pemprov Sultra. Efendi juga mengatakan, soal pekerjaan akan dimulai akhir bulan Januari 2019 dan maret untuk pembangunan fisik.

” Akhir bulan ini kita mulai turun, karena maret akan segera berjalan. Namum ini akan bertahap,” tandas Efendi. (b)

Terkini