oleh

BI Lakukan Penukaran Uang Lusuh di Pasar Basah Mall Mandonga

KENDARI – Demi mempermudah layanan penukaran uang yang tidak layak edar, Bank Indonesia (BI) bersih-bersih uang lusuh di Pasar Basah Mall Mandonga Kendari.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Minot Purwahono mengatakan, hal tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan dalam rangka penukaran uang yang setiap hari senin di Mall Mandonga.

“Hari ini kami turun langsung di Pasar Basah Mandonga dengan menyisir pedagang yang tidak sempat menukarkan uangnya,” ujar Minot saat di wawancarai dalam kegiatan penukaran uang di Pasar Basah, Sabtu (14/04/2018).

Katanya, tujuan kegiatan yakni menarik uang lusuh dan ditukarkan dengan uang baru sehingga uang yang beredar dimasyarakat adalah uang yang layak edar yang sesuai dengan standar BI.

BACA JUGA: BI Sultra Musnahkan Uang Rupiah Sebesar Rp 443 Miliar

“Uang lusuh yang ditarik pada hari ini adalah uang yang tidak akan beredar lagi dimasyarakat dan langsung dimusnahkan,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan, uang lusuh yang ditukarkan dengan uang baru itu sesuai dengan nominalnya misalnya uang pecahan dua ribu diganti juga dua ribu tanpa dikenakan denda.

“Selain uang lusuh yang ditukarkan uang rusak juga bisa selama masih memenuhi syarat dan nomor resinya masih tertera,” bebernya.

Stok yang dibawa oleh BI dalam melakukan penukaran uang yang dilakukan langsung di Pasar Basah Mandonga sebesar Rp 500 juta.


Reporter: Waty
Editor: Kardin

Terkini