oleh

BLK Kendari Kerjasama dengan PT ASDP Baubau Buka Pelatihan di Busel

-NEWS-40 dibaca

BUTON SELATAN – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari bekerja sama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (PERSERO) Cabang Kota Baubau menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Non Institusional atau Mobile Training Unit (MTU) di Kelurahan Lakambau Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan (Busel).

Penyelenggaraan pelatihan tersebut diikuti 112 peserta yang terbagi menjadi 16 orang pada tujuh program pelatihan yakni Asisten Pembuat Pakaian, Fitter Struktur (Las), Tata Rias Kecantikan, Pembudidayaan Hidroponik, Pembuatan Roti dan Kue, Audio Video, dan Servis Sepeda Motor Konvensional.

“Alhamdulillah, pelatihan yang terselenggara hari ini merupakan paket pelatihan pertama yang diselenggarakan BLK Kendari pada tahun 2022 ini bekerjasama dengan PT ASDP Cabang Baubau, dimana Kabupaten Buton Selatan mendapatkan tujuh paket,” ucap Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu dalam sambutannya, Rabu 26 Januari 2022

“Kami juga menyiapkan tenaga pengajar atau instruktur terbaik dalam proses Pelatihan MTU ini, dengan harapan selama proses pelatihan hingga selesai nanti, seluruh siswa yang dilatih dapat menjadi terampil, berdaya saing tinggi dan tentunya kompeten pada bidang kejuruan yang diikutinya,” lanjutnya.

Ia berharap kepada seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti dan menikmati proses pelatihan yang akan berlangsung nanti sehingga ilmu dan keterampilan yang didapatkan benar-benar bermanfaat karena akan mampu menolong dirinya dan keluarganya serta secara perlahan dapat memberdayakan masyarakat umum.

“Orang yang memiliki keterampilan dan yang tidak memiliki keterampilan akan beda memaknai hidup dalam memenuhi kebutuhan. Orang yang memiliki keterampilan cara berpikirnya akan lebih positif ketimbang yang tidak memiliki keterampilan karena mereka dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Kondisi seperti inilah yang kita harapkan, sehingga nilai-nilai kebaikan dalam hidup dan kehidupan bersama bisa terus ditumbuhkan,” jelasnya.

Ia mengaku pelatihan ini dilakukan untuk mengurangi angka penganggura ditengah masyarakat terkhusus diwilayah Busel.

Di tempat yang sama, Bupati Busel, La Ode Arusani melalui Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Busel, Isur Hanafsa mengatakan dengan adanya pelatihan yang terselenggara saat ini, kualitas dan kuantitas sumber daya manusia Buton Selatan khususnya yang mengikuti pelatihan bisa menjadi semakin baik.

Pasalnya, dengan keterampilan yang diajarkan instruktur BLK Kendari bisa dimanfaatkan para siswa untuk mencari pekerjaan dan menciptakan lapangan kerja sendiri dengan berwirausaha secara mandiri berbekal ketrampilan yang diperoleh melalui kegiatan Pelatihan ini.

“Kondisi seperti ini merupakan hal yang sangat diharapkan. Apalagi setelah para siswa selesai mengikuti pelatihan, pengetahuan yang diperoleh bisa dibagi kepada orang-orang di sekitarnya, sehingga nilai kebaikan itu terus bergulir, dan mengalir terus” ucap Isur Hanafsa.

Ditempat yang sama, Kadis Nakertrans Busel, Untung menyampaika pihaknya sangat berterimakasih kepada  BLK Kendari karena dengan adanya pelatihan yang terlaksana saat ini telah menjawab salah satu tantangan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia serta pengurangan angka pengangguran di Buton Selatan.

“Tantangan generasi angkatan kerja kita memang sangat berat, sebab mereka akan bersaing dalam bonus demografi yang jika tidak dimanfaatkan dengan baik, akan menjadi hal buruk, karena mereka akan menjadi penonton di negerinya sendiri,” beber Untung.

Diketahui, dalam agenda pembukaan tersebut turut hadir Lurah Lakambau, Camat Batauga, beberapa Kepala Desa di Buton Selatan, Pejabat Pemerintah Kabupaten Kabupaten Buton Selatan, Ketua HIPMI Buton Selatan, Ketua Persatuan Maluku Satu Rasa Kabupaten Buton Selatan, pejabat struktural, Instruktur dan staf BLK BLK Kendari.

 

Reporter : Muhammad Ismail

Terkini