BPN Kendari Target 1.247 Bidang Penyaluran PTSL di Tahun 2022

NEWS364 dibaca

KENDARI – Untuk menanggulangi permasalahan sertifikat tanah, pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Program PTSL ini juga turun di wilayah Kota Kendari melalui Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Kendari dengan target 1.247 bidang tanah di tahun 2022.

Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftar Kantor BPN Kota Kendari, Edison mengatakan, bahwa pihak BPN sendiri mendapatkan target untuk menerbitkan sertifikat sebanyak 1.500 bidang di tahun 2022.

Namun dalam prosesnya, terjadi perubahan revisi anggaran terkait kegiatan PTSL ini yang tadinya 1.500 menjadi 1.247 bidang tanah.

“Jadi target kita selama setahun sebanyak 1.247 bidang dan kami sudah menyalurkan PTSL ini sekitar 80 persen,” ucap Edison kepada wartawan MEDIAKENDARI.COM saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 14 Desember 2022.

Dikatakannya, adapun kelurahan yang mendapatkan program PTSL ini ada tujuh Kelurahan yakni Kelurahan Anawai, Tobuha, Lahundape, Watu Watu, Batu Bangga, Andonuhu, dan Watulondo.

“Seminggu ini kami akan rampungkan atau selesaikan semua program PTSL sebanyak 1.247 bidang tanah dengan batas akhir tahun anggaran tahun 2022 ini,” katanya.

Ia juga menambahkan, penerimaan PTSL yang sudah terbit sertifikatnya dapat mengambil melalui di Kantor BPN Kota Kendari atau bisa difasilitasi Kelurahan.

“Kami sudah menyampaikan kepada pihak Kelurahan kalau penerima mau terima sertifikat tanah di kelurahan kami akan memberikan langsung dan pengambilan ini tidak dikenakan biaya,” pungkasnya.

Reporter : Hendrik