NEWS

Buka Sosialisasi dan Tes UKBI, Kadis Dikbud Konawe: Ini Program yang Luar Biasa

601
×

Buka Sosialisasi dan Tes UKBI, Kadis Dikbud Konawe: Ini Program yang Luar Biasa

Sebarkan artikel ini

KONAWE, MEDIAKENDARI.COM – Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) melaksanakan sosialisasi dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adaptif merdeka di Kabupaten Konawe.

Kegiatan ini diikuti guru Bahasa Indonesia tingkat SMP-SMA/sederajat di Kabupaten Konawe, dosen dan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lakidende (Unlaki).

Hadir dalam kegiatan ini Kepala KBST, Uniawati, dan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Konawe, Suryadi, yang sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Konawe, Suryadi dalam sambutannya menuturkan, selama 3 tahun terakhir, KBST fokus dan terus mendorong pelaksanaan kegiatan kebahasaan dan kesastraan di Kabupaten Konawe.

Salah satunya, yaitu UKBI Adaptif merdeka, yang merupakan alat untuk menguji kemahiran berbahasa Indonesia dengan mempertimbangkan kemampuan peserta.

UKBI merupakan program yang luar biasa dan masyarakat, terutama tenaga pendidik dan profesional, memiliki animo sangat besar terhadap program ini.

“Kedepannya, Dikbud Konawe akan mengikutkan guru, para kepala sekolah, dan pelajar untuk menguji kemampuan berbahasa Indonesianya melalui UKBI,” terang Suryadi.

Sementara itu, Kepala KBST, Uniawati dalam sambutannya mengatakan, UKBI Adaptif Merdeka sebagai salah satu implementasi program prioritas dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai bentuk penghargaan kita terhadap bahasa Indonesia.

“Dalam tes UKBI Adaptif Merdeka, ada empat keterampilan berbahasa (yang diujikan), yaitu menyimak, menulis, berbicara, membaca, serta merespon kaidah sebagai tolok ukur tingkat kemahiran berbahasa kita,”pungkasnya.

You cannot copy content of this page