oleh

Cara Cegah Covid-19 Ala Mahasiswa KKN UHO di Tiga Kelurahan di Kendari

Reporter : Rezki Amalia
Editor : Ardilan

KENDARI – Mahasiswa dari kampus Universitas Halu Oleo (UHO) yang tengah mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di tiga Kelurahan di Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni Kelurahan Pondambea, Wua-Wua, dan Watubangga ikut mengkampanyekan cara pencegahan Covid-19.

Salah satu anggota kelompok peserta KKN Tematik UHO dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Aikah mengatakan program kampanye komunikasi kesehatan yang dilakukan mahasiswa dibuat dalam bentuk penyebaran poster, baik via online (Daring) seperti di media sosial Facebook, WhatsApp dan Instagram yang mulai dilakukan sejak Senin 15 Juni 2020 lalu hingga saat ini.

Aikah mengngkapkan kampanye kesehatan juga dilakukan secara langsung dengan cara pemasangan poster di beberapa fasilitas umum seperti di kantor Lurah, Masjid, Gereja, Sekolah, Puskesmas dan tempat-tempat strategis lainnya yang dilakukan selama tiga hari berturut-turut dimulai Senin 13 Juli hingga Rabu 15 Juli 2020 ditiga Kelurahan tersebut.

Ia menyebut, selain poster, mahasiswa yang berjumlah 24 orang ini juga membuat X Banner dengan isi materi mengenai New Normal.

Mahasiswa KKN Tematik UHO saat memasang poster pencegahan Covid-19

Ia menjelaskan dengan judul program Manajemen Kampanye Komunikasi Kesehatan sebagai upaya Penanganan dan Pencegahan Covid-19, kondisi pandemi saat ini tidak mematahkan semangat kerja sama antar anggota kelompok dalam membuat desain dan konten serta mendistribusikan poster pencegahan Covid-19.

“Tentunya di tengah wabah virus Corona saat ini tidak mematahkan semangat kami dalam memberikan informasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat. Justru di saat pandemi pemberian informasi sangat berarti,” ucap Aikah kepada Mediakendari.com Rabu 15 Juli 2020.

Sementara Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kelurahan Pondambea, Suryatman Tahir mengapresiasi langkah pencegahan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik UHO. kata dia, warga dan Pemerintah Kelurahan menyambut baik dan positif atas hal tersebut.

“Kegiatan yang dilakukan sangat positif. Selain memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat, kita juga diajak untuk selalu mengikuti imbauan dari pemerintah terkait covid-19,” ujarnya.

Untuk diketahui, pandemi virus Corona (covid-19) rupanya tidak menjadi penghalang bagi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di kampus Universitas Halu Oleo (UHO). Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2020, para peserta KKN diminta turut mengambil andil dalam penangganan kasus wabah ini.

Mahasiswa KKN Tematik UHO saat memasang poster pencegahan Covid-19

Terkini