NEWS

Cegah Inflasi Pasca Naiknya Harga BBM, Pemkab Konsel Gelar Rakor Bersama OPD

1340
×

Cegah Inflasi Pasca Naiknya Harga BBM, Pemkab Konsel Gelar Rakor Bersama OPD

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN,MEDIAKENDARI.COM – Antisipasi terjadinya Inflasi pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa hari lalu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), bakal melakukan rapat koordinasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bupati Konsel H Surunuddin Dangga, melalui Asisten I Setda Konsel DR Sahlul mengatakan, upaya itu dilakukan guna menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat, untuk menjaga daya beli masyarakat untuk kebutuhan pangan dan energi.

“Poin penting yang perlu dioptimalkan adalah program yang sudah direncanakan pada APBD, yang dapat melindungi daya beli masyarakat untuk percepatan realisasinya. Termasuk mempersiapkan perangkat regulasi, mendorong dana desa agar dapat dimanfaatkan, dalam penanganan dampak inflasi,” jelas mantan Kepala BKAD Konsel ini saat ditemui. Selasa (6/9/2022).

Baca Juga : Trauma Saat Meminum Susu Kadaluarsa, Bayi Maryani Tak Lagi Mau Minum Susu

Tak hanya itu, kata dia, Pemkab Konsel juga bakal terus berkoodinasi dengan Pemerintah pusat, utamanya dalam validasi data penerima bantuan sehingga tepat sasaran. Selain menjadikan pengendalian inflasi sebagai prioritas. Pemerintah pusat juga meminta Pemkab melakukan komunikasi publik yang efektif sehingga tidak membuat masyarakat panik.

“Tentu Pemkab Konsel akan tindak lanjuti, di mana kami akan terus berkoodinasi dengan pemerintah provinsi maupun pusat. Serta berkoordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Tim pengendalian inflasi merupakan bagian yang akan mengamati kecenderungan inflasi,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, TPID juga mengamati jenis komoditi mana dan wilayah mana yang mengalami kesulitan, untuk dilaporkan Pemerintah. Agar dilakukan langkah-langkah yang sesuai karakter masyarakat.

“Kemudian Pemerintah Pusat akan terus memantau perkembangan inflasi daerah. Kita komitmen mengendalikan angka laju inflasi daerah seoptimal mungkin. Pengendalian dilakukan terutama pada sektor pangan dan kebutuhan pokok,” pungkasnya.

 

Penulis: Erlin

You cannot copy content of this page