Demokrasi Sebagai Jalan Perubahan

OPINI210 dibaca

Demokrasi secara etimologi berasal dari dua kata dari bahasa Yunani, yakni demos dan kratos. Demos berarti rakyat, sementara kratos atau cratein berarti pemerintahan.menurut sardin Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak yang sama untuk pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. pelibatan masyarakat dalam proses politik seperti pemilihan umum (pemilu) merupakan sarana bagi masyarakat untuk ikut menentukan figur dan arah kepemimpinan negara Indonesia atau daerah di Indonesia dalam periode tertentu. Politik sejatinya adalah ruang mempertarungkan gagasan atau berpikir tentang bagaimana Indonesia hari ini dan di masa depan.

Selamatkan demokrasi. Indonesia telah memilih sistem demokrasi dalam pelaksanaan pemerintahannya sebagaimana yang terlihat pada alinea keempat pembukaan UUD 1945 dan pasal 1 ayat (2) UUD 1945 yang berbunyi “kedaulatan berada di tangan rakyat dan di laksanakan menurut Undang-Undang Dasar”. Sistem demoktis yang dipilih Indonesia suda baik, tinggal bagaimana menjalankannya. Berbeda pendapat itu hal biasa, tapi jangan perbedaan pendapat itu kemudian di peruncing yang akhirnya bisa membuat perpecahan.

Demokrasi tidak hanya berbicara kebebasan memilih saat Pemilu, lebih dari itu Demokrasi ialah kebebasan bagi masyarakat untuk beragama, berserikat menyampaikan pendapat dan sebagainya selama itu tidak melanggar hukum. Hal ini sejalan dengan pasal 28 E ayat (2) UUD 1945 yang menyatakan bahwa “setiap orang berhak atas kebebasan menyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap, sesuai dengan hati nuraninya”. Pasal 28 E ayat (3) UUD 1945 berbunyi “setiap orang berhak atas kebebasan bersertifikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat”. Berangkat dari sistem Demokrasi ini tetntu masyarakat mulai berani untuk mengekspresikan apa yang ia rasakan, baik dalam ucapan maupun tindakan, Payung hukum suda terbuka.

Sardin Mahasiswa S1 Prodi Ilmu Politik UHO