oleh

Dinkes Konut Imbau Calon Jemaah Haji Jaga Kesehatan

-KESEHATAN-66 dibaca

MediaKendari.Com, Wanggudu – Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) banyak mengalami kemajuan yang signifikan terutama dalam hal peningkatan pelayan dan mutu kesehatan.

Pasalnya, dalam rangka pelayanan Calon Jamaah Haji (Calhaj) untuk tahun 2017. Dimana sebelumnya Calhaj Konut di tangani oleh Dinas Kesehatan Konawe, kini sudah ditangani langsung Dinas Kesehatan Konut. Pelepasan dan penyerahan ini, diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Konut, Nurjanah Efendi, SKM, M.Si, M. Kes

Nurjana mengatakan, harapan kami Dinkes Konut terhitung tahun 2017 ini, jamaah haji yang akan berangkat ketanah suci agar terus memeriksakan kesehatannya secara berkala sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji. Begitu juga dengan pulangnya.

Pramuka

“Kami memeriksa secara berkala sesuai dengan ketentuan yang ada,” kata Nurjanah Efendi, Kamis (8/6) di ruang kerjanya.

Selain itu juga, kegiatan ini agar bisa meringankan beban mereka untuk pemeriksaan kesehatan yang dulunya di laksanakan di Konawe mengingat perjalanan dari Konawe Utara ke Konawe sangat jauh, sehingga hal ini sangat kami respon dengan baik.

Setelah ada surat keputusan Bupati Konawe Utara, bahwa semua pemeriksaan kesehatan Jamaah Haji harus dilaksanakan di Konawe Utara.

“Kita langsung melakukan tugas dengan sepenuh hati dan secara profesional, karena kami pun sudah layak untuk melakukan kegiatan ini,” jelasnya.

Adapun faktor yang menjadi unsur kesiapan dan kelayakan dari Dinkes Konut adalah, kesiapan dari dokter, bidan, perawat kesehatannya semua sudah siap.

Dari 18 calon haji baru 14 orang sudah di periksa di Konawe dan sisanya ada 4 yang akan diperiksa di RSUD Konut.

“Mengingat hal ini sangat penting dilakukan. Dan kami juga berharap kiranya apa yang menjadi harapan dari pemerintah daerah ini bisa tercapai utamanya masalah kesehatan jamaah haji kita yang akan berangkat nantinya.Kami harapkan kepada semua calon jamaah haji agar menjaga kesehatannya karena saat ini musim penghujan sehingga rawan terkena penyakit,” ungkap Nurjanah.

Selain berpesan kepada calon jamaah haji, Nurjanah juga menghimbau warga Konawe Utara untuk turut menjaga kesehatan lingkungan, menjaga anak Balitanya agar jangan keluar rumah karena selain kesehatan juga faktor keamanannya harus di jaga.

Laporan : Andi Jumawi
Editor : Redaksi

Terkini