NEWS

Disdukcapil Kendari Rekam Ribuan Pemilih Pemula

695
×

Disdukcapil Kendari Rekam Ribuan Pemilih Pemula

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari telah merekam 3.000 pemilih pemula.

Kepala Dinas Dukcapil Kendari, Iswanto Dongge mengatakan pihaknya melakukan perekaman dengan sistem jemput bola bagi warga yang belum merekam atau para pemilih pemula.

Untuk saat ini, Iswanto mengatakan pihaknya fokus melakukan perekaman di SMA/SMK karena dianggap pada jenjang tersebut banyak siswa yang telah berusia 17 tahun ke atas khususnya siswa kelas 2 dan 3.

“Dukcapil sudah melaksanakan di beberapa objek tempat kami melaksanakan perekaman di antaranya beberapa sekolah dan beberapa kelurahan maupun kecamatan,” katanya.

Iswanto juga mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendari dalam hal pendataan khususnya bagi pemilih pemula.

“Target yang ingin dicapai yaitu sebanyak 5.000 pemilih pemula. Perekaman pada pemilih pemula tersebut akan langsung kami buatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP),” tambahnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan perekaman di lingkup universitas yang ada di Kendari. Dengan capaian 3.000 dari target 5.000 pemilih pemula tersebut.

“Perekaman bagi pemilih pemula itu merekam pagi, jam ke dua sudah bisa ambil. Sebenarnya bisa saja kalau mereka mau menunggu, karena setelah merekam ada namanya sistem penunggalan di pusat baru kembali ke Capil untuk bisa di cetak,” jelasnya.

Bahkan dirinya optimis pihaknya akan lebih cepat menyelesaikan pendataan sebelum batas yang ditetapkan KPU dan Capil pusat pada Oktober 2023 mendatang.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page