oleh

Dishub Sultra Sinergikan Penyelenggaraan Transportasi Darat

-NEWS-337 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat koordinasi teknis (Rakornis) Perhubungan Darat se-Sulawesi Tenggara (Sultra) di Hotel Sutan Raja Kolaka, Pada hari selasa 23 Agustus 2022.

Acara ini dihadiri oleh seluruh instansi perhubungan se-Sulawesi Tenggara. Rakornis yang diselenggarakan di Kolaka ini adalah Rakornis ketiga yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara selama tahun 2022.

Rakornis ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari seluruh Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Tenggara, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVIII Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Tenggara dan Perum Damri (Persero) Kendari.

Baca Juga : Bakal Dapat Perhatian Lebih, Bupati Konsel Minta Data Semua Tenaga Honorer

Kegiatan ini menganglat tema Sinergitas Penyelenggaraan Angkutan Jalan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Acara yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, Laode Fasikin, Dalam pengarahannya mewakili Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam sambutannya, mengatakan bahwa Rakornis ini adalah puncak dari bagian panjang perjalanan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara khususnya di sektor transportasi darat sehingga penyelenggaraan transportasi yang selama ini berjalan sendiri-sendiri sudah bisa disatukan dan berjalan sinergi antara pemerintah Kabupaten/Kota, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

“Hasil akhir Rakornis ini akan menyepakati kesepahaman dalam mendorong penyelenggaraan transportasi yang aman, nyaman, selamat, humanis dan mengacu peraturan berlaku terutama dalam pelaksanaan penegakan hukum (Gakum) transportasi darat antara dinas perhubungan provinsi dan dinas perhubungan kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara,” terangnya Fasikin.
Ia melanjutkan, Rakornis yang ketiga ini sedikit berbeda dengan rakornis sebelumnya, dimana selain menghadirkan pembicara untuk penyajian materi, juga diikuti dengan focus group discussion (FGD) yang memberi kesempatan mengeluarkan permasalahan, ide atau gagasan dari dinas perhubungan kabupaten/kota dalam memandang penyelenggaraan transportasi terutama di sektor transportasi darat.

Baca Juga : Majukan Konsel, Nur Alam Titip Putranya Kepada Masyarakat

“Lalu hasil penyajian materi dan FGD itu diakhiri dengan penandantangan Berita Acara Kesepakatan (MoU) antara Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, BPTD Wil. XVIII Provinsi Sulawesi Tenggara, para kepala dinas perhubungan kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara dan PT. Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tenggara,” cetus Fasikin.

Adapun menjadi kesepakatan bersama dalam Rakornis Perhubungan Darat se- Sultra Tahun 2022 diantaranya :
1. Rapat Koordinasi Teknis ini adalah langkah awal kesepahaman instansi perhubungan di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dalam mendorong penyelenggaraan transportasi yang yang aman, nyaman, selamat, humanis dan mengacu pada aturan yang berlaku.
2. Ruang lingkup kesepakatan ini adalah mendorong peningkatan kerjasama, koordinasi dan sinergitas antara Instansi Dinas Perhubungan di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.
3. Para pihak yang bersepakat bahwa kewajiban angkutan darat untuk berbadan hukum mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
4. Kesepakatan ini juga mendorong setiap pihak aparat penegak hukum yang terlibat untuk aktif dalam melaksanakan Penegakan hukum terhadap setiap pelanggaran transportasi darat termasuk kewajiban Berbadan Hukum pada setiap Angkutan Darat di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.
5. Pengelolaan terminal Penumpang Tipe B perlu diaktifkan kembali dengan pola kerjasama antara Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara.

Reporter : Rahmat R.

Facebook : Mediakendari