Dosen dan Mahasiswa FIB UHO Sosialisasi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Kearifan Lokal

NEWS35 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi oleh Dosen, tidak hanya pada Pendidikan atau pengajaran dan penelitian, akan tetapi juga meliputi pengabdian kepada masyarakat.

Pengabdian kepada masyarakat dilakukan sebagai sebuah bentuk komitmen dosen terhadap bagaimana implementasi dari keilmuan dosen dan bagaimana ilmu tersebut dapat dirasakan manfaatnya secara luas oleh masyarakat.

Untuk hal ini, Universitas Halu Oleo (UHO) banyak memberi ruang dan ikut memfasilitasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen melalui dalam berbagai macam program. Salah satunya adalah Program Pengabdian terintegrasi KKN Tematik yang berada dalam naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM).

Tahun ini, pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat yang terintegrasi KKN Tematik mengangkat tema Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid 19 melalui kearifan lokal di Desa Ranooha Raya Kecamatan Moramo.

Oleh karena itu tim yang diketuai oleh Dr. Akhmad Marhadi, S.Sos., M.Si. yang beranggotakan Dr. La Ino S.Pd., M.Hum., Dr. La Ode Topo Jers, M.A., Dr. Erens Elvanianus Koodoh, M.A., Maliuddin, S.Pd., M.Pd., dan Fina Amalia Masri, S.Pd., M.Hum. mengadakan KKN Tematik yang berlokasi di Desa Ranooha Raya Kecamatan Moramo dengan mengusung tema “Sosialisasi Pemulihan Ekonomi pasca Pandemi Covid 19 melalui kearifan lokal”.

Akhmad Marhadi mengatakan kegiatan ini melibatkan 15 orang mahasiswa dari berbagai jurusan dan program studi di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UHO dan dilaksanakan selama 1 bulan sejak 2 Agustus hingga 2 September 2022.

Para mahasiswa dibekali dibekali dengan program-program kerja yang disinergikan dengan keadaan sumber daya alam dan kondisi social kultural masyarakat setempat.

Adapun program kerja tersebut adalah Peningkatan dan pengembangan sumber ekonomi melalui pembuatan pernak-pernik dari kerang-kerangan, penghijauan dengan penanaman pohon, sosialisasi dan motivasi usaha-usaha yang dapat dilakukan bagi generasi muda dalam membantu pemulihan ekonomi masyarakat setempat.

Reporter: Dila Aidzin