NEWS

Dukung Program JKN, Pemkab Konawe Bakal Dianugerahi Penghargaan UHC

655
×

Dukung Program JKN, Pemkab Konawe Bakal Dianugerahi Penghargaan UHC

Sebarkan artikel ini
Bupati Konawe, kery S kongoasa saat apel siaga bencana.

KONAWE, MEDIAKENDARI.COM – Dibawah Kepemimpinan Bupati Kery Saiful Konggoasa (KSK), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe kembali mendapat penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 dari Pemerintah Pusat.

Penghargaan Presiden tersebut diketahui setelah Pemerintah Pusat mengundang Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) untuk menerima penghargaan tersebut

Pemberian penghargaan presiden itu akan diselenggarakan di Balai Sudirman Jakarta Selatan, 14 Maret 2023. Kegiatan itu akan dihadiri langsung Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin

UHC Award merupakan penghargaan Presiden yang diberikan kepada kabupaten dan kota berkomitmen tinggi dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat Indonesia. Serta memberikan kualitas kesehatan terbaik bagi masyarakat.

Penghargaan diberikan kepada Pemkab Konawe atas dedikasi Bupati KSK dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di daerahnya.

Kepala BPJS Konawe, Muhammad Ayub menerangkan, sekitar 98 persen penduduk Konawe sudah tercatat sebagai peserta BPJS Kesehatan, kepesertaan anggota BPJS Kesehatan dibagi atas dua kelompok.

“Bantuan sosial dari pemerintah yang disebut Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Bukan penerima bantuan iuran (Non PBI) yang mana salah satunya adalah Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau mandiri” Terang Muh.Ayub

Dikatakan Ayub, PBI sendiri terdiri dari tiga jenis bantuan. Ada penerima manfaat program PBI pusat sebanyak 106.174 jiwa. Kemudian, PBI Provinsi Sulawesi Tenggara 13.445 jiwa. Lalu, PBI Kabupaten Konawe yang berjumlah 4.937 jiwa.

“Untuk peserta BPJS Non PBI dari penyelenggara negara tercatat 29.356 jiwa, kemudian karyawan swasta 38.533 jiwa, lalu PBPU/mandiri berjumlah 23.077 jiwa,”pungkasnya

Di Konawe, masyarakat pengguna BPJS Kesehatan cukup signifikan. Data BPJS Kesehatan Konawe menyebut, dari 260.765 jiwa jumlah penduduk Konawe, 255.703 jiwa di antaranya telah terdaftar menjadi peserta BPJS.

You cannot copy content of this page