oleh

Efektifkan Tata Kelola Pemerintahan, Pemkab Konawe Gelar Musrembang Data

-NEWS-144 dibaca

Reporter: Muh. Ardiansyah Rahman

KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Data bertema ‘Menuju Konawe Satu Data’.

Kegiata yang dilaksanakan, Rabu 27 Januari 2021 di salah satu hotel di Unaaha ini, hadir Fokopimda Konawe, DPRD Konawe, Sekda Konawe dan OPD Pemda Konawe.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara menjelaskan Musrembang dilaksanakan dalam upaya memperbaiki tata kelola pemerintahan.

“Kita harus memastikan bahwa Konawe mampu menjadi katalisator bagi daerah-daerah lainnya dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan,” terang Gusli Topan Sabara dalam sambutannya.

suasana musrembang

 

Politisi PAN ini juga mengungkapkan, Konawe merupakan daerah tertua dari 17 kabupaten kota di Sultra, sehingga harus menjadi cerminan dalam segala aspek.

“Kita ketahui bersama bahwa Konawe merupakan daerah tertua di Sultra, maka sepatutnyalah kita senantiasa harus memposisikan diri kita sebagai yang terdepan dalam berbagai aspek,” tambah Gusli Topan Sabaran.

Diungkapkannya, pada beberapa tahun terakhir dari sisi pencapaian makro ekonomi Konawe menjadi yang terbaik di wilayah regional Sultra, hal ini tentunya menjadi prestasi yang dapat membanggakan dan patut disyukuri.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan

“Rata-rata pertumbuhan ekonomi Konawe cukup jauh diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi Sultra 9,2 persen. Ini membuktikan bahwa Konawe menjadi daerah yang meyumbangkan kesejahteraan bagi Provinsi Sultra,” jelasnya.

Pencapiaan tersebut menjadi motivasi besar bagi pemerintah Kabupaten Konawe untuk memastikan skenario pembangunan kedepan berjalan sesuai yang harapkan.

“Prestasi ini akan terus kita dorong dengan langkah konkrit yang nyata dan benar-benar terukur, bahwa perbaikan tata kelola pemerintah tidak cukup hanya pada aspek pengelolaan keungan daerah,” ujarnya.

Gusli juga menyebutkan, jauh lebih penting dari hal tersebut adalah memastikan bahwa sejak proses perencanaan hingga tiba pada pelaksanaan anggaran berjalan sesuai norma dan regulasi yang berlaku.

Pada tahun ini juga, kata Gusli, pihaknya akan mengimplementasikan secara penuh mulai dari proses perencanaan, pengangaran, penuntasan hingga pada proses pelaporan dan pengawasan.

Menurutnya, bukanlah hal yang mengejutkan karena sejatinya perbaikan atas tata kelola pemerintahan di Kabupaten Konawe memang sudah dijalankan sejak beberapa tahun belakangan.

“Maka pemerintah Kabupaten Konawe berpandangan sejalan dengan prinsip Bapak Presiden tersebut, terhadap pentingnya pengelolaan data dimasa kini dan yang akan datang,” pungkasnya./B/ADV

Terkini