NEWS

Ekspose Empat Tahun dan Lima Pilar Sultra Emas

1556
×

Ekspose Empat Tahun dan Lima Pilar Sultra Emas

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sultra, Ali Mazi saat membawakan sambutan di ekspose Empat Tahun Aman. (Foto: Rahmat R.)

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub), Ali Mazi – Lukman Abunawas (AMAN) telah memasuki tahun ke empat kepemimpinan.

Empat tahun kesempatan pasangan Kepala Daerah (Kada) Sultra ini, diekspos oleh Biro Administrasi Pembangunan Setda Sultra, pada salah satu hotel di Kendari, Senin (05/09/22).

Gubernur Ali Mazi dalam sambutannya, mengatakan, prioritas pembangunan Sulawesi Tenggara tahun 2018 hingga 2023, yakni terwujudnya Sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat melalui GARBARATA, atau Gerakan Akselerasi Pemerataan Pembangunan Wilayah Daratan dan Lautan atau Kepulauan.

Baca Juga : Bank Sultra Belum Penuhi Modal Inti, Anggota DPR RI Bahtra Angkat Suara

“Adapun implementasi GARBARATA ditopang lima pilar yakni, Sultra Cerdas, Sultra Sehat, Sultra Peduli Kemiskinan, Sultra Berbudaya dan Beriman dan Sultra Produktif,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, implementasi program Sultra Cerdas diwujudkan dalam, bantuan operasional sekolah, pengembangan budaya baca, pembinaan perpustakaan, program pendidikan menengah, program pendidikan luar biasa, pembinaan dan pemasyarakatan olahraga dan pengembangan sarana dan prasarana olah raga dan pembangunan perpustakaan modern.

“Sultra Sehat diwujudkan dalam pembangunan rumah sakit jantung dan pembuluh darah, peningkatan mutu dan keamanan pangan, peningkatan ketahanan pangan, perbaikan gizi keluarga, pencegahan dan pemberantasan penyakit menular, peningkatan keselamatan ibu melahirkan dan anak, upaya kesehatan perorangan, pembangunan lingkungan sehat, peningkatan sistem jaminan kesehatan, penanggulangan penyakit tidak menular dan imunisasi serta surveilans kesehatan,” jelas orang nomor satu di Sultra ini.

Baca Juga : Berkas Tersangka Dugaan Pelecehan Seksual Prof B Dilimpahkan ke Kejari

Ali Mazi membeberkan, program Sultra Peduli Kemiskinan diwujudkan dalam program stimulus perumahan masyarakat, peningkatan kesempatan kerja, pembedayaan fakir miskin, bantuan jaminan kesejahteraan sosial, pengembangan lembaga ekonomi pedesaan, peningkatan keberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi pedesaan.

Sementara itu, Sultra Beriman dan Berbudaya, diwujudkan dalam pengembangan nilai budaya, pengelolaan kekayaan budaya, pelestarian budaya, penguatan ideologi pancasila dan karakter kebangsaan, pemberantasan penyakit masyarakat dan peningkatan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Sultra Produktif, wujudkan dalam program pembangunan jalan dan jembatan, pembangunan akses jalan pariwisata Kendari-Toronipa, peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja, optimalisasi pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan, pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup, perlindungan dan konservasi sumber daya alam dan pengendalian dampak perubahan iklim,” tukas Ali Mazi.

Reporter : Rahmat R.

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page