oleh

Enam Desa di Konut Keciprat Bantuan Rumah dari Kemensos

Reporter : Mumun

Editor : Kang Upi

WANGGUDU – Enam desa di Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2019 ini, kecipratan bantuan rumah yang anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Kementerian Sosial RI.

Kepala Dinas Sosial Konut Nafsahu mengatakan, enam desa yang bakal mendapatkan bantuan rumah itu tersebar di Kecamatan Molawe diantaranya Desa Tapunggaya, Mandiodo dan Awila. Selanjutnya Kecamatan Lasolo yang tersebar di Desa Waworaha, Lametono dan Lalowaru.

Menurut Nafsahu, bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) sebanyak 150 unit yang akan digelontorkan kepada setiap kepala keluarga sebesar Rp15 juta, dan jika tidak ada aral melintang, pada Juni dan Juli 2019 anggaran tersebut akan dikucurkan.

“Modelnya yakni dibentuk kelompok untuk meminimalisir jumlah rekening yang di buka. Bantuan ini sangat membantu masyarakat kita, makanya kita patut bersyukur,” katanya belum lama ini.

Nafsahu berjanji, penyaluran bantuan rumah Kemensos ini akan dikawal agar yang mendapatkannya adalah orang yang membutuhkan. Selain itu, instansinya akan mengawasi penggunaan anggaran melalui pendamping yang telah dipilih.

Nafsahu menambahkan, ciri-ciri masyarakat yang dianggap layak untuk menerima bantuan rumah dari Kemensos, dilihat dari kondisi rumah warganya yang beratap Rumbia, lantainya masih dari tanah dan dinding rumah sudah lapuk.

“Kami berharap ini dapat membantu masyarakat kita yang kurang mampu. Sebelumnya juga kami sudah merehab 15 rumah tidak layak huni awal tahun ini yang anggarannya bersumber dari APBD kita. Tiap rumah mendapat Rp10 juta,” ujarnya. (A)

Terkini