KOTAKU

Gegara Corona, HUT Kota Kendari ke 189 di Gelar Melalui Video Conference

393
×

Gegara Corona, HUT Kota Kendari ke 189 di Gelar Melalui Video Conference

Sebarkan artikel ini
Suasana peringatan HUT Kota Kendari ke-189 di Rujab Walikota Kendari. Foto : Ist

Reporter : Febi Purnasari/Editor: Indi La’awu

KENDARI – Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) Kota Kendari yang diperingati setiap tanggal 9 Mei, kali ini berbeda di banding tahun sebelumnya. Pasalnya, peringatan Hut Kota Kendari ke 189 dilakukan melalui Video Conference.

Momentum perayaan ini digelar secara sederhana di Rumah Jabatan (Rujab) Walikota Kendari yang dipimpin langsung oleh Walikota Kendari Sulkarnain Kadir, Sabtu 09 Mei 2020.

Dalam sambutannya, Sulkarnain Kadir memberikan apresiasi konstruktif kepada para pemimpin terdahulu atas kiprah beliau dalam meletakkan dasar-dasar pembangunan kota.

“Diusianya yang ke 189, kota Kendari terus berbenah dan mengalami kemajuan yang signifikan diberbagai sektor pembangunan baik sosial, ekonomi maupun budaya. Karena itu sepatutnyalah kita memberikan apresiasi konstruktif kepada para pemimpin pemimpin pendahulu atas kiprah beliau dalam meletakkan dasar-dasar pembangunan kota,”katanya.

Tidak hanya kepada pemimpin terdahulu saja, ia juga memberikan penghargaan kepada seluruh masyarakat kota Kendari atas kontribusi konstruktif yang telah diberikan. Sehingga berbagai program dan kegiatan fisik maupun sosial dapat berjalan sesuai arah kebijakan pembangunan yang ditetapkan dalam rencana pembangunan jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

Selain itu juga, akibat adanya wabah Covid-19 acara ini dikemas secara virtual sebagai wujud kepatuhan terhadap protokol penanganan Covid-19.

“Meski demikian, peringatan model ini tidak untuk memenuhi rutinitas seremonial belaka sehingga tidak mengurangi makna strategis dan nilai esensial yang terkandung dalam peringatan hari bersejarah daerah kita,”ujar Sulkarnain.

Katanya lagi, ada tiga hal yang menjadi makna dan nilai yang terungkap. Pertama, peringatan dilaksanakan dalam suasana bulan suci ramadan, bagi kaum muslimin dan sebuah bulan yang istimewa karena setiap amalan dilipat gandakan.

Kedua, sejarah peradaban umat manusia akan mencatat dengan tinta emas bahwa peringatan kali ini dilakukan dalam suasana keprihatinan yang mendalam akibat mewabahnya virus Covid-19.

Ketiga, makna strategis karena merupakan tahun ketiga dari pelaksanaan Rencana pembangunan jangka panjang (RPJMD) Kota Kendari.

Tidak hanya itu, Sulkarnain Kadir juga mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga kerukunan hidup dan harmoni inter dan antar umat beragama maupun antar kelompok.

Perlu diketahui, perayaan ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Nahwa Umar, Ketua DPRD Kota Kendari Subhan, Danlanal Kendari, Ketua Pengadilan Negeri Kendari, Kapolres Kendari AKBP Didik Erfianto, Dandim 1417 Kendari Kolonel Alamsyah serta jajaran Forkopimda lainnya.

Adapun jajaran Satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Camat hingga Lurah turut mengikuti perayaan ini tetapi melalui live streaming HUT Kota Kendari dengan menggunakan aplikasi Zoom.

You cannot copy content of this page