oleh

Gelar Seleksi Paskibraka Nasional, Ini Harapan Kadispora Konawe.

 

Reporter: Andis

KONAWE – Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Konawe menggelar seleksi calon paskibraka yang akan diikutkan dalam seleksi nasional. Seleksi digelar di Aula Gedung Dispora Konawe pada Jumat, 16 April 2021.

Kadispora Kabupaten Konawe, Muhammad Nur berharap, melalui seleksi tersebut ada siswa yang mewakili dari Konawe, mengingat pada tahun 2015 pernah ada yang ke tingkat nasional.

“Harapan saya, semoga kita bisa membawa nama baik Kabupaten Konawe ke tingkat nasional,” kata Muhammad Nur di ruang kerjanya pada Jumat, 16 April 2021.

Nur mengatakan, dalam seleksi tersebut, pihaknya melibatkan para pelajar tingkat SMA sederajat yang nantinya akan mewakili Konawe ke tingkat nasional.

“Sekitar 50 orang peserta hari ini yang melakukan tes, terdiri 14 wanita dan 36 pria. Sudah melakukan tes kesehatan, ukur tinggi badan, berat badan, lari, sit up, push up,” jelasnya.

Dari 50 peserta hanya 4 yang akan dikirim ke provinsi untuk bersaing dengan siswa dari daerah lain di Sulawesi Tenggara memperebutkan jatah paskibraka nasional.

Ketgam : Para peserta seleksi Paskibraka Nasional.

“Jadi yang diambil ini yang terbaik dan memenuhi standar nasional yang akan dikirim ke provinsi. Kemudian diseleksi lagi untuk menjadi paskibraka di istana negara,” terangnya.

Nur mengungkapkan, untuk seleksi paskibraka tahun ini pihaknya bekerja sama dengan pelatih dari unsur TNI.

“Karena kebetulan tahun ini gilirannya TNI untuk melatih dan menyeleksi” jelasnya

Adapun waktu seleksi, Kadispora menjelaskan berlangsung selama dua hari dimulai pagi hari hingga sore hari dengan menyesuaikan kondisi di bulan puasa. Dengan begitu, volume latihan yang sifatnya fisik berkurang tinggal setengahnya.

“Dengan kondisi puasa seperti ini kita laksanakan hingga sore hari, biar setelah seleski selesai, peserta bisa istrahat sambil menunggu waktu berbuka,” tuturnya.

Pada hari terakhir seleksi, para peserta akan menjalani tes wawancara. Setelahnya, akan diumumkan peserta yang lolos seleksi ke tingkat provinsi. (C)

Terkini