Gelorakan Semangat Pembangunan di Bumi Moronene, DPRD Dukung Penuh Pj Bupati Bombana

NEWS315 dibaca

BOMBANA, MEDIAKENDARI.COM – Ketua DPRD Kota Bombana, Arsyad, S.Pd.,M.H menegaskan bersama seluruh jajaran legislator mendukung penuh Pejabat (Pj) Bupati Bombana, Ir. Burhanuddin.

Dukungan tersebut disampaikan Arsyad, S.Pd.,M.H dalam sambutan Rapat Paripurna di Hari Ulang Tahun (HUT) Bombana yang ke-19 di Gedung DPRD Bombana, Minggu (18/12/2022).

Menurutnya, dukungan pantas diberikan kepada Pejabat (Pj) Bupati Bombana, Ir. Burhanuddin karena telah menggelorakan percepatan pembangunan dalam mewujudkan masyarakat Bombana yang sejahtera.

Gagasan percepatan tersebut sesuai tema HUT Bombana ke-19, yakni ‘Bergerak Cepat, Bangkit dan Berkolaborasi’ yang menjadi tolak ukur visi program pemerintah daerah.

Arsyad menjelaskan, dalam melakukan percepatan pembangunan ini, harus melibatkan semua elemen, agar dapat bersama-sama bergerak untuk melakukan perubahan paradigma disemua lini.

Perubahan itu khususnya dari segi tata kelola pemerintahan yang semula bekerja sendiri, menjadi bekerja sama secara gotong royong atau Collaborative Governance.

“Olehnya sesuai tema tersebut maka saya selaku pimpinan sidang serta Ketua DPRD Kota Bombana menyampaikan mendukung akselerasi pembangunan dalam mewujudkan Bombana sejahtera diperlukan gerak cepat,” tegas Arsyad.

Dijelaskannya, dalam visi Collaborative Governance, instansi di daerah tidak bisa menyelesaikan masalah masalah publik sendirian, sehingga diperlukan adanya sinergi atau kerja sama.

Dimana sinergitas yang dibangun tersebut harus berbasis pada komitmen bersama untuk menyelaraskan pemahaman terhadap suatu permasalahan publik.

Untuk itu perlu pelibatan berbagai kepentingan diantaranya seperti, Pemerintah Daerah, DPRD, Swasta, Akademisi, Masyarakat dan termasuk juga kalangan media.

 

Dirinya berharap, Collaborative Governance dapat menjadi model yang diimplementasikan sebagai upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau Good Governance.

“Dengan pelibatan seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Bombana,” ujar Politisi yang juga menjabat Ketua DPC Nasdem Bombana ini.

Selain itu, kata dia, di usia Kabupaten Bombana yang masih dianggap serupa remaja ini, membutuhkan banya polesan dengan dilakukannya pembenahan diberbagai sektor.

Hal tersebut diperlukan agar tercapainya sebuah pembangunan daerah yang cepat dalam mensejahterakan masyarakat di Bumi Moronene.

“Ibarat seorang remaja putri yang beranjak dewasa memerlukan polesan agar wajah alaminya bisa semakin cantik dan menambah kekaguman siapa pun yang memandangnya,” ucap Arsyad.

Menurutnya, secara perlahan tapi pasti polesan untuk mempercantik daerah ini telah dilakukan dan diwujudkan secara nyata oleh Pj Bupati Bombana Burhanuddin.

Sebab, lanjutnya, semenjak dilantiknya, Mantan Kadis ESDM Provinsi Sultra itu langsung melakukan gerak cepat memoles wajah Ibu Kota Kabupaten Bombana menjadi lebih cerah.

Olehnya itu, dimomen HUT ke-19 ini, dirinya tidak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada Pj Bupati Bombana atas dedikasi membangun Wonua Bombana.

Tidak hanya itu, Pj Bupati Bombana Burhanuddin juga dianggap mampu menggerakkan seluruh stakeholder untuk bergerak cepat melakukan perubahan.

“Saya berharap, Pj Bupati Bombana Bapak Burhanuddin dapat dengan cepat mewujudkan masyarakat yang sejahtera sesuai dengan tagline, Bombana Surga Investasi,” terang Arsyad.

Dalam kesempatan itu pula, orang nomor satu di jajaran Dewan Bombana ini juga menegaskan, peringatan HUT seyogyanya bukanlah merupakan proses seremonial belaka.

“Melainkan harus menjadikannya sebagai energi positif yang mampu mendorong peforma kerja terbaik dalam menggerakkan pemerintahan yang Good Governance,” tegas Magister Hukum UMK ini.

Sementara itu, Pj Bupati Bombana, Ir. Burhanuddin dalam sambutan Rapat Paripurna Hari Ulang Tahun (HUT) Bombana mengatakan rasa cinta dan bangganya terhadap Kabupaten Bombana.

Kebanggaan tersebut harus termanifestasi kerja ikhlas dan kerja cerdas sesuai dengan potensi dan fungsi Tupoksi, sehingga tema tersebut tidak hanya indah dalam tatanan kognisi dan retorika semata tapi menjelma dalam implementasi karya nyata.

“Spirit inilah yang menjadi alasan kuat sehingga Pemerintah Kabupaten Bombana menjadikan ‘Bergerak Cepat, Bangkit Dan Berkolaborasi’ sebagai tema HUT ke-19,” kata Ir. Burhanuddin.

Diterangkannya, saat ini salah satu titik fokus utama Pemerintah Daerah adalah sektor kesehatan yaitu penanganan stunting yang telah menjadi isu nasional.

“Sesuai dengan peraturan presiden nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan target 14% prevalensi stunting di tahun 2024,” ungkap Ir. Burhanuddin.

Ir. Burhanuddin menyebut, hasil kerja keras dari seluruh stakeholder, capaian penurunan angka stunting Kabupaten Bombana berdasarkan data E-PPGBM tahun 2021 masih sebesar 24,65 %.

“Sementara itu berdasarkan data E-PPGBM di tahun 2022 ini sebesar 20,33 %, atau terjadinya penurunan sebesar 4,32 %,” ungkap Mantan Kadis ESDM Sultra.

Ia juga menjelaskan, di kepemimpinannya yang mengusung tagline, ‘Bombana Surga Investasi’ menjadi sebuah inovasi baru dalam menjunjung penyelenggaraan pemerintahan.

Dimana, Kabupaten Bombana merupakan salah satu daerah di Sultra yang kaya berbagi potensi, baik hasil pertambangan mineral, perkebunan maupun perikanan dan kelautan.

Dimomen HUT ke-19 ini, dirinya juga berharap seluruh elemen di Kabupaten Bombana agar dapat bekerjasama dalam mendukung program tersebut.

Dukungan diperlukan, demi terciptanya sebuah pembangunan yang lebih maju dan masyarakat dapat hidup sejahtera dengan segala potensi sumber daya alam yang dimiliki.

“Saya berharap seluruh lapisan masyarakat Bombana untuk terus mempertahankan dan meningkatkan dukungan, perhatian dan kerja sama dalam menyukseskan pembangunan daerah,” pungkasnya. ADV

Reporter : Muhammad Ismail