Hadapi Resesi 2023, Wagub Sultra Minta Pemerintah Daerah Manfaatkan SDA

NEWS282 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dunia diprediksi pada tahun 2023 mendatang, dunia sudah memasuki situasi resesi ekonomi termasuk di Indonesia.

Olehnya itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas menghimbau seluruh kabupaten/kota se-Sultra untuk memanfaatkan pontensi Sumber Daya Alam (SDA) semaksimal mungkin.

“Menghadapi resesi ekonomi yang diperkirakan terjadi pada 2023 mendatang, jadi semua pontensi sumber daya alam di semua kabupaten/kota dimanfaatkan semaksimal mungkin,” bebernya.

Baca Juga : Pemda Konawe Raih 118 Medali di Porprov XIV Sultra

“Kenapa harus harus SDA yang dimanfaatkan, karena apabila potensi ini dimanfaatkan, jika terjadi krisis ekonomi di daerah Sultra sudah ada cadangan. Sehingga masyarakat tidak perlu terlalu khawatir,” sambung Wagub Sultra.

Apalagi Sultra memiliki banyak sektor-sektor unggulan baik yang ada di daratan maupun di laut.

Provinsi Sulawesi Tenggara dengan sumber daya alamnya yang melimpah untuk penghidupan masyarakat, juga dapat menjadi peluang investasi di berbagai sektor. Pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan dan perikanan, pariwisata, serta pertambangan merupakan sumber investasi utama di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga : Dua Karyawan PT GKP Sumbang Medali untuk Konkep di Porprov XIV Sultra

Potensi tersebut tersebar di wilayah daratan seluas 38.140 kilometer persegi dan perairan seluas 114.879 kilometer persegi. Sekitar 2,7 juta penduduknya tinggal di 15 kabupaten dan dua kota di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Karena yang punya andalan kita di Sultra selama ada pertanian, pertambangan, kelautan dan perikanan. Begitu ada satu sektor yang tidak dapat maafkan atau macet ada sektor lain yang mendukung,” jelas Orang Nomor Dua di Bumi Anoa ini.

Reporter : Rahmat R.

Facebook : Mediakendari