BREAKING NEWSINDONESIA

Hadiri Pertemuan ke-19 Forum Asia Pasifik di Jakarta Convention Center yang Dihadiri Semua Kepala Daerah,Pj Bupati Harmin Ramba Bilang Kegiatan Itu Akan Menjadi Momentum Peningkatan Kerjasama

660
×

Hadiri Pertemuan ke-19 Forum Asia Pasifik di Jakarta Convention Center yang Dihadiri Semua Kepala Daerah,Pj Bupati Harmin Ramba Bilang Kegiatan Itu Akan Menjadi Momentum Peningkatan Kerjasama

Sebarkan artikel ini

Jakarta, mediakendari.com – Pj Bupat Konawe, Harmin Ramba hadiri acara pertemuan ke-19 Forum Asia Pasifik yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan RI bersama Intelligent Transport System (ITS) Indonesia dan Sekretariat ITS Asia Pasifik.

Acara yang dilangsungkan di Jakarta Convention Center ini mengusung tema “Transformasi menuju Mobilitas Perkotaan yang Berkelanjutan dan Cerdas” dengan tujuan untuk membahas perkembangan terbaru dalam bidang transportasi di kawasan Asia Pasifik.

Diketahui, pertemuan ke-19 Forum Asia Pasifik ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, Mar’ruf Amin, dan turut dihadiri seluruh kepala daerah baik Gubernur maupun Bupati dan Walikota se-Indonesia termasuk perwakilan negara-negara asia Pasifik.

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin mengatakan “Pertemuan hari ini merupakan kesempatan terbaik untuk saling bertukar informasi dan berbagi pengalaman sehingga dapat membantu penentuan arah kebijakan di masing-masing negara. Jadikan forum ini sebagai wadah strategis bagi negara-negara anggota untuk mengembangkan Kota Pintar dengan sistem transportasi cerdas sebagai tulang punggungnya,” pintanya, selasa 28 Mei 2024.

Wapres juga menekankan pentingnya peningkatan kolaborasi lintas sektor baik pemerintah, swasta, maupun akademisi untuk menciptakan solusi komprehensif bagi mobilitas perkotaan yang lebih baik.

“Solusi ini akan mendorong perwujudan dunia yang lebih baik bagi generasi penerus kita,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wapres meminta agar literasi publik terkait penggunaan transportasi cerdas terus ditingkatkan melalui publikasi dan edukasi.

“Masyarakat perlu mengetahui manfaat dan cara penggunaan sistem ini guna meningkatkan aktivitas ekonomi dengan tetap mengedepankan prinsip ramah lingkungan,” tegasnya

Dikesempatan tersebut, Wapres menginstruksikan agar perkembangan teknologi transportasi diterapkan secara inklusif dan berkeadilan. Menurutnya, hal ini untuk memastikan bahwa setiap orang dan setiap negara mendapatkan manfaat.

Sementara itu, PJ Bupati Konawe, Harmin Ramba, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan forum asia Pasifik ini dalam rangka mengembangkan sistim transportasi cerdas seperti penggunaan kendaraan listrik dengan mengutamakan aspek ramah lingkungan dengan menargetkan nol emisi karbon

“Saya berharap melalui forum asia Pasifik ini dapat juga menjadi momentum untuk meningkatkan kerja sama regional dalam menghadapi tantangan dan peluang di bidang transportasi” ujarnya

Menurutnya, pertemuan forum Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum yang ke-19 tahun ini merupakan kegiatan yang luar biasa dalam mendorong pengembangan transportasi darat yang ramah lingkungan, sehingga kedepan masyarakat dapat menikmati dan jmengakses dengan baik terutama masyarakat Konawe sebagai kota padi. (HM)

You cannot copy content of this page