Suasana sosialisasi oleh KPU Sultra

Sasar Pemilih Perempuan, KPU Sultra Sosialisasi ke Ibu-ibu Majelis Taklim

Reporter : Kardin

Editor : Def

KENDARI – Guna meningkatkan partisipasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar sosialisasi tatap muka bersama Ibu-Ibu Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Wuawua, Kota Kendari bertempat di Kantor Camat Wuawua, Selasa (12/2/2019).

Pada kesempatan itu, informasi yang menjadi fokus KPU Sultra yakni pentingnya Pemilu dan demokrasi, peran perempuan dalam meningkatkan partisipasi pemilih, hari dan tanggal pemungutan suara, jenis dan warna kertas suara, pengenalan peserta Pemilu 2019 serta tata cara pindah memilih.

Komisioner KPU Sultra, Almunardin menuturkan, beberapa informasi kepemiluan tersebut perlu disebarluaskan kepada masyarakat termasuk segmen pemilih perempuan.

Baca Juga : Banyak Belum Masuk DPT, KPU Imbau Warga Daftarkan Dirinya Sebagai DPK

Menurutnya, segmen perempuan dianggap cukup strategis dalam penyebarluasan informasi kepemiluan yang tentunya akan berdampak pada membaiknya pendidikan politik dan pengetahuan masyarakat terkait Pemilu.

“Dengan membaiknya kualitas pemilih, tentu akan berdampak pada peningkatan partisipasi masyarakat,” ucap Almunardin.

Lebih lanjut kata Almunardin, dipilihnya segmen perempuan pada giat sosialisasi kali ini dikarenakan kelompok perempuan memiliki pola komunikasi yang intens di lingkungan keluarga dan sosial masyarakat.

“Sehingga harapannya informasi kepemiluan dapat tersebarluas dengan cepat di masyarakat,” papar mantan Ketua KPU Muna ini.

Baca Juga : Kotak Suara Kardus Mulai Dirakit KPU Kendari

Senada dengan itu, Komisioner KPU Sultra, Ade Suaerani yang turut menjadi pembicara merasa bersyukur dikarenakan para peserta sosialisasi sangat memahami hal-hal teknis seputar Pemilu 2019.

“Saya cukup kaget dengan pengetahuan peserta sosialisasi yang hampir semua telah mengetahui hal-hal pokok terkait Pemilu kali ini, bahkan di antara mereka sangat tertarik menjadi KPPS di wilayah masing-masing,” terangnya.(a)


Tuliskan Komentar Anda

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: