oleh

Jadikan Pantai Kampa Sebagi Icon Konkep, Dinsos Bentuk KUBE

LANGARA – Pemerintah Daerah Konawe Kepulauan (Konkep) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan pembenahan di pantai Kampa, demi menjadikan pantai yang dikenal dengan pasir putihnya itu sebagai destinasi wisata dan icon daerah itu. Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diberi tugas khusus untuk melakukan pembenahan, terus melakukan peningkatan fasilitas sarana dan prasarana, salah satunya Dinas Sosial (Dinsos).

Untuk mendukung pelayanan yang maksimal di pantai itu, Dinas yang dinahkodai Rustam Arifin membentuk Kelompok Usaha Bersama Kreatif (Kube) Pantai Kampa, dengan harapan pembentukan KUBE ini bisa menyiapkan segala kebutuhan para pengunjung di pantai Kampa, dalam hal memudahkan wisatawan mendapatkan aneka kuliner.

Kepala Dinsos, Rustam Arifin mengukapkan, usaha dan upaya terus diggenjot pemerintah Konkep untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada pengunjung wisata pantai kampa. Untuk, memudahkan wisatawan ketika hendak berkuliner di pantai itu. Pihaknya bersama Disperindakop telah membentuk Kube Pantai Kampa.

“Sebanyak 20 kelompok usaha bersama kreatif telah kami bentuk untuk menyiapkan kebutuhan pengunjung pantai kampa. Berbagai macam akomodasi seperti snack, kuliner, serta soupner, bakal disiapkan. Sehingga turis lokal maupun mancanegara yang berwisata ditempat itu dapat terpenuhi kebutuhannya,” terangnya, Selasa (23/10/2018)

Dikatakannya, selain itu juga pembentukan dan pembinaan KUBE Pantai Kampa, merupakan bagian dari upaya Pemda untuk menyiapkan peluang usaha bagi masyarakat melalui pemberdayaan kelompok usaha kreatif. “Pengembangan destinasi wisata di pantai kampa merupakan inisiatif kami Pemda Konkep, setelah melakukan Pendidikan dan Pelatihan II (DiklatPim II) di Provinsi Bali beberapa waktu lalu. Dan harapan kami, semoga dapat memberikan nilai positif dalam pengembangan wisata-wisata yang ada di Konkep. Dan juga, membuka peluang usaha mikro bagi masyarakat Konkep,” tutupnya.

Pantai Kampa berada di Desa Wawobili Kecamatan Wawonii Barat, dengan sejuta keindahan bawah lautnya yang masih terjaga. Pasir putih disepanjang bibir pantai dan deburan ombak yang menghampar ketepian mampu memanjakkan mata setiap pengunjung.

Dengan dasar itu, membuat Pemerintah Daerah (Pemda) setempat terus berupaya melakukan pembenahan serta peningkatan fasilitas sarana dan prasarana. Untuk menjadikan pantai kampa sebagai icon wisata di daerah seribu kelapa itu. (a)

Reporter : Ajad Sudrajad


Terkini