NEWS

Jasa Pariwisata dan Rumput Laut Dari Baubau Diminati Republik Seychelles 

542
×

Jasa Pariwisata dan Rumput Laut Dari Baubau Diminati Republik Seychelles 

Sebarkan artikel ini
Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse (Kiri) Bersama Dubes Republik Sycheles, Nico Barito saat mengikuti kegiatan Forum Investasi dalam rangka HPN 2022 di Sultra.

KENDARI – Forum Investasi dalam rangka kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mendatangkan sebuah harapan yang baik untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sultra.

Hasil kegiatan tersebut rupanya memberi peluang kepada pelaku jasa kepariwisataan dan petani rumput laut di daerah eks pusat eks Kesultanan Buton nantinya. Sebab, Republik Seychelles melalui Duta Besarnya, Nico Barito yang hadir dalam Forum Investasi tersebut dikatakan berminat terhadap jasa kepariwisataan dan rumput laut di Kota Baubau.

Baca Juga : Bayi yang Ditemukan di Bak Sampah Akhirnya Meninggal di RS 

“Ada dua sektor yang kita bicarakan lebih lanjut yaitu kelautan dan jasa pariwisata. Duta Besar negara Sheysell, pak Niko Barito mengundang kita untuk datang ke Jakarta,” ucap Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse dikonfirmasi usai kegiatan Forum Investasi Selasa, 08 Februari 2022.

Ia mengaku kesempatan ini bakal dimaksimal sebaik mungkin. Dikatakan, Nico Barito siap menghubungkan Pemkot Baubau dengan investor dan jaringan pengusaha komoditi rumput laut di Seychelles.

Langkah awal sebagai tindaklanjut, kata Monianse, jumlah produksi sesungguhnya di Kota Baubau akan disurvei kemudian disusun sebagai dokumen.

“Baru kita bicara dengan mereka (Seychelles) sehingga kita sudah bisa mengajak para petani rumput laut di Kota Baubau untuk membudidayakan. Yang jelas kita sudah dapat jaringan untuk itu,” terangnya.

Baca Juga : Mahfud MD Ungkap Cara Media Agar Berusia Panjang 

Monianse menjelaskan Republil Seycheles rupanya telah memiliki akses tranportasi udara di Indonesia tepatnya di wilayah Manado. Sejauh ini, Seycheles sudah melakukan aktifitas pengangkutan rumput laut dan hasil kelautan lainnya yang diambil dari Indonesia Timur.

“Kita berharap Bandara Betoambari yang kita sedang dikembangkan bisa menghubungkan itu. Kalau komunikasi ini bisa terealisasi, maka masyarakat Baubau akan merasakan manfaatnya. Kita punya pasar yang jelas karena kita berhubungan dengan jaringan pemasaran mereka serta pariwisata kita juga semakin mumpuni,” tutur Politisi PDIP itu.

Ia menambahkan Republik Seychelles sebagai negara kepulauan yang memiliki sekira 114 pulau kecil punya infrastruktur jasa di perkotaan pihaknya juga bakal mencoba menjalin kerja sama pengembangan infrastruktur pariwisata di Kota Baubau.

 

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page