Kampus IAIN Kendari Mulai Buka Seleksi Mahasiswa Baru

Reporter: Alvin
Editor: Kardin

KENDARI – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari akan melaksanakan penerimaan mahasiswa baru (Maba) yang akan dilaksanakan melalui tiga jalur, yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN), Ujian Mandiri (UM-PTKIN) dan Ujian Mandiri Lokal (UML) serta ujiannya bakal dilakukan dengan Sistem Seleksi Elokronik (SSE)

Wakil Rektor I IAIN Kendari, Husain Insawan mengatakan, SPAN-PTKIN dilaksanakan pada tanggal 6-31 Januari 2020 untuk pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dilakukan oleh sekolah sedangkan verifikasinya dilakukan oleh panitia lokal, panitia yang akan menyeleksi adalah panitia nasional dan lokal.

“Panitia nasional bertempat di UIN Walisongo Semarang sedangkan panitia lokal adalah PTKIN sendiri, kalau di sini IAIN Kendari,” ujar Husain, Jumat (24/1/2020).

Sementara pendaftaran kata Husain, akan dilaksanakan pada tanggal 3-28 Februari 2020, ujianya memiliki dua tahap, yakni pertama, dilaksanakan pada tanggal 2-13 Maret 2020, sedangkan tahap dua yakni mulai tanggal 16-20 Maret 2020.

“Jadi di SPAN ini sekolah mendaftar dulu, lalu kemudian siswa yang akan mendaftar, login sekolah dulu baru login siswa,” terangnya.

Sementara untuk jalur UM-PTKIN pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 15 April-29 Mei 2020, yakni finalnya 15 April hingga 1 Juni, seleksi ujian SSE tanggal 15-24 Juni 2020.

“Jadi pendaftarannya itu sama dengan finalnya, yaitu sama-sama 15 April, kalau batasan pendaftaran sampai 29 Mei, maka finalisasinya sampai dengan 1 juni,” urainya.

Sedangkan untuk jalur mandiri terang Husain, pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 2-23 Juni 2020 dan ujian SSE digelar tanggal 29 Juni hingga 10 Juli 2020.

Kuaota untuk penerimaan mahasiswa baru untuk SPAN-PTKIN yakni sebesar 477 orang, UM-PTKIN sebesar 1.180 dan UML sebesar 703 orang mahasiswa yang akan diterima untuk menjadi mahasiswa IAIN Kendari

“Kita siapkan alokasi atau kuota untuk calon mahasiswa baru kita,” pungkasnya. (b)

iklan bersama melawan covid-19

Video

BERITA TERKINI

METRO KENDARI

BERITA TERKINI

KOLAKA RAYA

BERITA TERKINI

SOSOK

KONAWE RAYA

TAJUK

Satu dari 16 Perempuan Alami Seks Pertama Kali Karena Diperkosa

INTERNASIONAL - Bagi lebih dari 3,3 juta anak perempuan dan perempuan di Amerika, hubungan seks untuk pertama

BERITA TERKINI

BUTON RAYA

PERISITIWA

BERITA TERKINI