oleh

Kelompok Advokat Dukung Rencana Hadirnya Percepatan Tiga Lembaga Yudisial di Butur

-NEWS-422 dibaca

Reporter: Asman
Editor: Sardin.D

Redaksi

BUTON UTARA – Kelompok Advokat Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mendukung rencana percepatan hadirnya tiga lembaga yudisial di Buton utara.

Antara lain, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri serta Rumah Tahanan Negara.

Hal itu di ungkapkan Koordinator Advokat Butur, Muh. Asnawi Sahadia, S.H menurutnya, Pemerintah Daerah (Pemda) telah lama mengusulkan tiga lembaga yudisial untuk segera hadir di Butur bahkan, kata dia sudah membebaskan lahan puluhan hektar untuk persiapan pembangunan tiga kantor itu.

“Termasuk rumah jabatan dinas, namun sampai saat ini tidak kunjung hadir juga,” kata Asnawi seusai ketemu Bupati Butur di ruangan kerjanya.

Lanjut Asnawi, Bupati Buton Utara, Ridwan Zakaria menyampaikan ketiga lembaga ini sangat penting hubungannya dengan pelayanan hukum dan peradilan masyarakat yang kurang mampu untuk mencari keadilan.

“Tidak harus meghabiskan ongkos jutaan rupiah menyebrang di Kabupaten Muna untuk hadir di Pengadilan Negeri Raha atau Kejaksaan Negeri Raha demi mendapatkan pelayanan hukum dengan baik”, ungkapnya.

Maka dengan demikian, lanjut dia, Bupati Buton Utara meminta semua pihak dan para advokat mendukung upaya percepatan untuk menghadirkan tiga lembaga ini di Buton utara, dan bila mana ada teknis yang harus di penuhi secara administratif Pemda siap untuk memberikan pelayan waktu, fasilitas, dan aset dengan terbuka”, kata Bupati dalam penyampaiyannya melalui Asnawi.

Respon positif Bupati Butur lanjutnya, dalam menggapi masukan dari para advokat bahwa Pemda akan segera berkoordinasi ulang kepada tiga lembaga.

Yaitu Mahkamah Agung (MA) Kejaksaan Agung serta Kementrian Hukum dan Hak asasi manusia dalam waktu dekat”, terangnya.

Terkini