oleh

Kembangkan Ekonomi, Pemda Kolaka Perkuat Performa UMKM

-NEWS-136 dibaca

Reporter Taswin Tahang

KOLAKA – Perintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka melakukan sinergitas dalam membantu pengembangan ekonomi, khususnya pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kolaka di tahun 2020, pelaku UMKM yang ada di wilayah tersebut mencapai kurang lebih 500 orang.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pemda Kolaka, I Nyoman Suastika mengatakan, bahwa saat ini pemerintah daerah sedang berupaya agar produk UMKM Kolaka dapat dipasarkan di tingkat domestik dan regional.

“Mulai dari pelatihan dan pembinaan kelompok sampai pada promosi kami bekerja sama dengan instansi-instansi terkait. Contohnya pada pemasaran kami bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Perindag,” jelas I Nyoman Suastika.

Menurutnya, saat ini ada 12 produk UMKM integritas yang sedang di kembangkan. Belasan UMKM tersebut tersebar di sejumlah kecamatan di Bumi Mekongga, diantaranya produk briket arang tempurung di Kecamatan Iwoimendaa.

“Di Samaturu ada keripik, di Kolaka ada olahan coklat, di Pomala ada Abon Ikan dan kue tradisional, di Tanggetada ada bubuk cabe dan di Watubangga ada Cocofead,” pungkasnya. /C

Terkini