oleh

Kembangkan Pendidikan Berkarakter, Balitbang Sultra Gelar Rakor Jarlit

-FEATURED, Kendari, SULTRA-27 dibaca

KENDARI – Untuk mengembangkan pendidikan karakter menuju pencapaian Sulawesi Tenggara (Sultra) Cerdas 2023, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) Jaringan Penelitian Kebijakan Pendidikan (Jarlit) tingkat Sultra, Senin (22/10/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Pusat Analisis dan Singkronisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal Kemendikbud RI, Dr Ir Hendarman, Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Balitbang Sultra, Kepala Bappeda Kabupaten Kota, dan para Kepala Sekolah Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kota Kendari. Kegiatan itu mengangkat tema “Mendorong Penguatan Sekolah Sebagai Wahana Pengembangan Pendidikan Karakter Menuju Pencapaian Sultra Cerdas 2023”.

Kepala Balitbang Sultra, Dr.Ir Sukanto Toding mengungkapkan, kegiatan Rakor Jarlit merupakan kegiatan rutin tahunan Balitbangda yang bertujuan untuk mengkordinasi kebijakan dan penelitian di bidang pendidikan untuk menjadi dasar sebuah kebijakan, baik pemda maupun penyelenggara pendidikan.

“Sekarang ini sementara penyusunan RPJMD Provinsi Sultra dan salah program agenda Gubernur yakni Sultra Cerdas. Artinya kita semua perangkat pemerintah daerah diminta memberikan kontiribusi dalam upaya mencapai Sultra Cerdas 2023,” ujar Sukanto saat ditemui disela-sela kegiatan, Senin (22/10/2018).

Dia menuturkan, Sultra Cerdas merupakan isu pemerataan pendidikan. Apakah pemerataan pendidikan sudah menjangkau seluruh lapisan masyarakat ataukah belum.

“Melalui kegiatan ini, kami akan mengsingkronkan program mengenai menajemen pendidikan, apakah menajemen pendidikan kita sudah tepat. Kemudian isu mutu, apakah mutu pendidikan di Sultra sudah bisa standar dengan pendidikan nasional yang bisa ditentukan melalui angka kelulusan. Jadi, melalui ini kita akan memberikan kontribusi dalam penguatan Sultra Cerdas,” tutupnya.(b)

Reporter: Waty


Terkini