oleh

Kemenag RI Dirikan Pusat Layanan Haji dan Umrah di Baubau, Anggarannya Rp 2,4 Miliar

 

Reporter: Adhil

BAUBAU – Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI), dirikan pusat layanan haji dan umroh di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). Proses pendiriannya ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunannya oleh Wali Kota Baubau, AS Tamrin pada Sabtu (05/06/2021).

Mewakili Kemenag RI, Kepala Biro Perencanaan Sekertariat Jenderal Kemenag RI, Ali Rokhmad mengungkapkan, Kota Baubau merupakan salah satu daerah di Indonesia dan satu-satunya di Sultra yang dibangunkan pusat layanan haji dan umroh.

Kota Baubau kata Ali Rokhmad, dipilih karena beberapa keunggulannya diantaranya sebagai daerah dengan pelayanan haji yang baik, jumlah pendaftar yang banyak serta didukung dengan ketersediaan lahan.

“Anggaan yang kita siapkan oleh Kemenag RI itu Rp2,4 miliar. Sumbernya dari surat berharga syariah negara (SBSN) atau disebut juga surat berharga yang diterbitkan pemerintah RI berdasarkan prinsip syariah. Pembangunan pusat layanan haji dan umroh ini juga, salah satu program prioritas dari Kemenag RI,” kata Ali Rokhmad.

Diharapkan dengan adanya pusat layanan haji dan umroh ini nantinya, proses pelayanan terhadap calon jamaah mulai dari proses pendaftaran hingga keberangkatan baik untuk haji maupun umroh, bisa lebih dimaksimalkan.

Sementara itu, Wali Kota Baubau, AS Tamrin menyambut baik dan memberikan ucapan terimakasih serta apresiasi terhadap Kemenag RI. Dengan adanya pusat layanan haji dan umroh ini, menjadi bukti keterpaduan serta pemerataan pembangunan dari pusat ke daerah.

“Semoga proses pembangunannya ini bisa berjalan lancar dan cepat selesai tanpa kendala. Dengan niat yang baik dan tulus, kita berharap ini akan jadi ladang ibadah untuk kita semua,” kata AS Tamrin singkat.

Turut hadir dalam proses peletakan batu pertama pembangunan tersebut diantaranya Kepala Biro Keuangan dan BKM Kemenag RI, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sultra dan Kepala Kemenag Baubau. (C)

Terkini